Sarung Tangan Las

Posted on

Sarung Tangan Las Terbaik

Sarung tangan las sangat penting digunakan sebagai alat keselamatan bekerja di lingkungan tertentu. Alat ini memberikan perlindungan terhadap tangan dari percikan api dan suhu panas akibat proses pengelasan. Penggunaan sarung tangan ini sudah sangat dianjurkan oleh berbagai tempat bekerja yang mengharuskan pegawai bersentuhan dengan alat-alat las. Perhatikan kembali sarung tangan milik Anda sebelum memulai mengelas. Gantilah sarung tangan Anda jika sudah mulai rusak, terpotong, berlubang, atau tergerus.

Mengganti sarung tangan sangat berpengaruh pada keselamatan Anda selama bekerja. Anda juga harus memberikan perhatian pada ukuran sarung tangan yang Anda pakai. Sebab, jika ukuran tersebut tidak pas dengan Anda hal ini dapat menimbulkan bahaya. Sarung tangan yang baik akan memberikan rentang gerak yang besar atau lebih lentur dan fleksibel. Penting juga untuk mengeringkan kelembaban pada tangan Anda sebelum menggunakan sarung tangan.

Fungsi Sarung Tangan Las :

Fungsi Sarung Tangan LasFungsi sarung tangan las adalah melindungi tangan dari percikan las dan material yang panas saat proses pengelasan berlangsung. Jenis sarung tangan ini akan berjalan maksimal jika tangan Anda kering dan tidak lembap. Hal ini agar penyerapan panas akan bekerja secara maksimal dan melindungi tangan Anda. Pemberitahuan prosedur untuk cara penggunaan atau pemakaian juga perlu disosialisasikan agar tidak ada kesalahan. Jika tidak memakai sarung tangan, ini sangat bahaya bagi kulit tangan Anda. Sebab, pekerjaan ini menuntut untuk berhubungan dengan listrik yang menghasilkan percikan api.

Selain menahan panas, sarung tangan ini juga mengatasi rasa licin ketika memegang mesin las atau objek benda. Sangat dianjurkan untuk memakai sarung tangan, selain untuk meredam rasa panas sarung ini juga bisa meminimalisir kecelakaan yang akan terjadi. Di tempat kerja akan banyak sekali kemungkinan kecelakaan yang terjadi. Oleh sebab itu, peralatan lengkap wajib untuk Anda gunakan. Perlu diingat untuk menjaga keringat tangan Anda, sebab itu akan menghasilkan uap panas yang akan merusak tangan Anda.

Memahami kemungkinan bahaya yang akan terjadi di tempat kerja sangat penting untuk menumbuhkan rasa disiplin. Kewajiban menggunakan sarung tangan sebaiknya harus dilakukan tidak semata-mata hanya karena peraturan, namun sebagai kesadaran. Serpihan api dari alat las dapat mengandung suhu panas hingga 100 derajat Celsius. Inilah mengapa sarung tangan sangat penting untuk digunakan. Sarung tangan yang baik akan memiliki panjang 16 cm sampai 18 cm sehingga dapat melindungi tangan Anda secara keseluruhan.

Jenis Sarung Tangan Las :

Saat ini sudah tersedia beberapa jenis sarung tangan las yang bisa menjadi pilihan menarik. Berbagai fitur ditawarkan kepada pasar agar pekerjaan menjadi lebih ringan dan aman. Jenis yang berbeda tentulah akan membawa harga yang berbeda pula. Perlu diperhatikan bahwa sarung tangan untuk pekerjaan ini disarankan memiliki panjang yang cukup sehingga dapat meminimalisir rasa panas. Bahan dasar sarung tangan juga tidak bisa dipilih secara acak, karena mesin las yang panas.

Bahan yang digunakan adalah bahan yang tidak akan menyalurkan rasa panas. Hindari sarung tangan berbahan plastik, karet, dan katun karena ketiga bahan ini tidak mampu meredam aliran panas. Salah satunya adalah sarung tangan yang dibuat dari kulit sapi. Kulit yang digunakan juga hanya di bagian lapisan luar, hal ini dikarenakan kulit sapi memiliki tingkat ketebalan yang sesuai. Kulit sapi juga tidak memiliki pori-pori sehingga dapat membuat tangan Anda tetap kering dan tidak lembap.

Sebagian besar pembeli sudah mengetahui bahwa sarung tangan pengelasan terbuat dari bahan perlindungan terhadap rasa panas dengan lapisan kapas. Selain untuk mengelas, jenis sarung ini juga cocok untuk memegang panci panas di atas kompor atau pemanggang. Perhatikan juga jahitan dalam memilih sarung tangan, sebab jika jahitan tidak rapi akan membuat udara masuk ke dalam. Sejauh ini hanya kulit sapi yang mampu menjadi bahan sarung tangan untuk mengelas agar tidak membuat tangan Anda merasa panas.

Menurut JIS (Japan International Standard) terdapat 2 kelas Sarung Tangan, kelas 1 untuk pekerjaan pengelasan sedangan untuk kelas 2 digunakan untuk proses pemotongan dan pengelasan. Untuk detailnya Anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Jenis Sarung Tangan

Merk Terbaik Sarung Tangan Las :

Sarung Tangan Las

1. Krisbow.

Merk sarung tangan untuk pekerjaan ini sangat beragam, mulai dari buatan lokal maupun internasional. Saat ini produk lokal juga sudah mulai memproduksi barang ini dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk internasional. Meskipun begitu, produk internasional masih memiliki pasar tersendiri dan peminat yang cukup banyak. Merk lokal yang sangat terkenal adalah Krisbow dan memiliki ukuran beragam. Harga sarung tangan merek Krisbow dimulai dari harga Rp 100.000, cukup murah dengan kualitas yang baik.

Krisbow juga menggunakan kulit sebagai bahan dasar pembuatan sarung tangannya. Tidak heran jika sarung tangan merk Krisbow sangat laku di pasaran dan diminati banyak orang. Merk ini juga sangat terkenal dengan kualitas yang bagus. Sarung tangan ini memiliki lapisan katun super lembut dan eksklusif untuk menahan panas dari percikan api. Selain itu penyerapan keringat yang luar biasa pasti sangat membantu Anda dalam bekerja. Sarung tangan ini dapat bersaing dengan sarung tangan las terbaik di pasaran.

2. Argon.

Selanjutnya adalah sarung tangan bermerek Argon. Merk lokal ini juga menawarkan berbagai sarung tangan berbahan kulit pilihan yang sangat ideal. Ditambah lagi, sarung tangan sarung tangan pengelasan kulit Argon terbuat dari bagian-bagian tertentu dari sapi. Bahan yang dipilih tidak hanya tebal tetapi juga lembut dan fleksibel dengan ketahanan panas atau api yang ekstrem sekalipun. Harga sarung tangan ini dimulai dari harga Rp 121.000 dan tersedia di segala jenis pasar online maupun offline.

3. Jason.

Untuk harga yang lebih murah namun tetap berkualitas, merk lokal hadir dengan merk Jason. sarung tangan ini menawarkan lebih banyak ketangkasan dan sensitivitas sentuhan yang lebih baik, yang sangat penting bagi tukang las. Sarung tangan las terbaik ini sangat tangguh dan tahan lama dan pastinya juga memberikan rasa sentuhan dan ketangkasan yang baik. Jason juga tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang sarung tangan yang berbeda. Harga sarung tangan ini dimulai dari Rp 75.000, harga ini berada di bawah kedua merk sebelumnya.

Lihat juga: Bahaya Pengelasan yang harus dicegah

4. Tanox.

Dari pasar internasional, beberapa merk juga sangat mendominasi. Salah satunya adalah Tanox yang dikenal karena menciptakan sarung tangan pengelasan kulit pragmatis. Sarung tangan ini sangat minimalis untuk orang-orang di mana saja, dan jahitan sarung tangan pengelasan kulit Tanox sangat rapi. Sarung tangan pengelasan kulit Tanox merupakan pilihan terbaik dari merk internasional. Bahan yang dipilih juga tidak main-main.

Lihat juga: Sepatu Safety Yang rekomended

Sarung tangan las dengan berbagai merk saat ini sudah mudah untuk ditemui. Dengan harga beragam dan juga ukuran yang banyak pilihan akan membuat Anda lebih aman. Bahan yang digunakan sebagian besar mengambil dari kulit sapi yang tidak menghantarkan panas masuk ke tangan Anda. Jangan ragu lagi untuk memakai sarung tangan ketika sedang mengelas suatu barang, sebab rasa panas yang berlebih akan merusak tangan. Memperhatikan keselamatan sangat bekerja sangat penting, oleh sebab itu pemakaian sarung tangan sangat dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *