15 Alat Ukur Serta Gambar, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Posted on

Alat Ukur

Alat ukur adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur suatu benda baik satuan Panjang, berat, temperatur dan satuan lainnya. Jenis – jenis alat ukur ini wajib diketahui, dimengerti dan dapat menggunakan setiap orang, apalagi untuk mereka yang terjun didunia teknik.

Orang yang tidak mengerti atau tidak dapat menggunakan alat ukur dapat berakibat fatal, jika didunia teknik dapat mengakibatkan kesalahan perhitungan dan pembuatan sebuah produk. Jika didunia kedokteran maka dapat mengakibatkan kesalahan diagnosa terhadap pasien, maka bagi Anda yang berada dibidang tersebut wajib mengetahui cara kerja alat ukur dengan benar.

Untuk bidang pengelasan yang biasanya digunakan adalah Jangka Sorong, tang ampere, tempergun, penggaris, rol meter, siku dan welding gauge. Semua jenis alat ukur tersebut mempunyai peranan yang cukup penting untuk pembuatan sebuah konstruksi. Bagi Anda yang masih belum paham atau mengerti tentang cara menggunakan alat ukur, berikut ini kami bagikan untuk Anda tentang macam macam alat ukur industri beserta fungsinya.

Jenis alat ukur:

  • Alat ukur Panjang.
    Berfungsi untuk mengukur satuan Panjang, alat yang digunakan adalah roll meter, penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup, welding gauge (untuk dimensi pengelasan).
  • Alat ukur temperatur.
    Digunakan untuk mengukur besar kecil suhu ruangan, untuk alat yang digunakan berupa termometer (termogun, termometer resistensi, termometer digital, bimetal dan yang lainnya).
  • Alat Ukur Waktu.
    Untuk mengukur satuan waktu, alat yang digunakan bisa berupa jam dan stopwatch.
  • Alat ukur massa.
    Untuk mengetahui massa suatu benda kita dapat menggunakan neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil yang lebih rincih kita dapat menggunakan neraca digital, sedangkan untuk yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi kita dapat menggunakan neraca tipe lengan gantung, sama lengan, pegas dan ohaus.

Macam macam Alat Ukur beserta Fungsinya:

1. Roll meter atau meteran.

Alat Ukur Roll MeterRoll meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang, bahannya terbuat dari material yang lentur atau dapat digulung, biasanya bahannya terbuat dari seng, kain atau benang. Tipe roll meter ini bervariasi, ada yang 5 meter, 10 meter hingga 20 meter, semua tipe tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Penggaris.

PenggarisPenggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang dan juga digunakan untuk membuat sebuah garis. Fungsi penggaris ini hampir sama dengan roll meter, yang membedakan roll meter tidak dapat digunakan untuk menggaris dan penggaris ukurannya lebih pendek. Ukuran penggaris yang umum di pasaran adalah 20 cm, 30 cm, 40 cm, 50 cm dan 100 cm, jenis material yang digunakan adalah baja yang sudah dilapisi atau dicat, baja tahan karat atau stainless steel, plastik dan kayu.

3. Jangka Sorong (Calipers).

Alat ukur Jangka SorongJangka Sorong merupakan alat ukur satuan Panjang yang mempunyai ketelitian hingga 0,01 mm. dalam aplikasinya jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah lubang, diameter luar, diameter dalam, panjang dan lebar sebuah material. Bidang yang paling sering menggunakan jangka sorong adalah dibidang permesinan, otomotif dan pengelasan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang Jangka Sorong seperti contoh soal, cara menggunakannya silakan kunjungi di lama Jangka Sorong ini.

4. Mikrometer Sekrup (Micrometer Screw).

Alat Ukur Mikrometer SekrupMikrometer sekrup merupakan alat ukur yang mempunyai fungsi hampir sama dengan jangka sorong, yang membedakan adalah tingkat ketelitiannya yang lebih tinggi. Tingkat ketelitian mikrometer sekrup dapat mencapai 0,001 mm sedangkan jangka sorong 0,01. Mikrometer sekrup sering digunakan untuk pengukuran ketebalan dan diameter material yang memerlukan tingkat presisi yang tinggi.

5. Welding Gauge.

Welding GaugeWelding Gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur dimensi material sebelum pengelasan dan mengukur dimensi hasil lasan. Untuk sebelum pengelasan biasanya digunakan untuk mengukur sudut bevel, lebar gap dan root face, sedangkan setelah pengelasan digunakan untuk mengukur tinggi akar las (root), mahkota las (reinforcement) dan cacat las (undercut dan underfill).

6. Termometer.

Alat Ukur Suhu TermometerTermometer merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur suhu di suatu ruangan. Kata termometer berasal dari Bahasa latin yaitu thermo dan meter, arti thermo adalah panas sedangkan meter adalah mengukur sehingga dapat diartikan alat pengukur panas atau suhu. Jenisnya banyak namun yang sering kita jumpai adalah jenis termometer air raksa.

7. Stopwatch.

Alat Ukur Waktu StopwatchStopwatch adalah jenis alat ukur yang berfungsi untuk mengukur satuan waktu yang diperlukan dalam suatu proses atau kegiatan. Penggunaan stopwatch biasanya untuk menghitung lama waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan produk, lama jarak yang ditempuh seorang pelari dan yang lainnya.

8. Neraca atau Timbangan.

Alat Ukur Massa TimbanganFungsi neraca adalah untuk menghitung massa suatu benda dengan kapasitas tertentu. Saat ini telah banyak variasi neraca, ada yang digital dan ada juga yang masih konvensional. Jika ingin mengetahui massa dengan ketelitian tinggi maka disarankan menggunakan yang digital dan kedap udara.

9. Tang Ampere.

Alat Ukur Arus Voltase Tang Ampere
@moedah.com

Fungsi tang ampere adalah untuk mengukur arus, voltase dan tahanan listrik. Fungsi tang ampere ini sama dengan amperemeter, Voltmeter dan ohmmeter. Namun tang ampere bentuknya seperti tang dan dapat mengukur semuanya.

10. Ohm meter.

Ohm MeterOhm meter berfungsi untuk mengukur resistensi atau hambatan listrik. Tahanan listrik ini mempunyai fungsi yang cukup penting bagi Anda yang ingin mengetahui konduktivitas suatu benda. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal menghubungkannya secara langsung dengan benda yang akan diukur.

11. Barometer.

Barometer
@wikimedia.org

Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara suatu tempat. Barometer paling sering digunakan dibidang peramalan cuaca, karena jika hasil pengukuran tekanan udaranya rendah maka diperkirakan akan terjadi badai sedangkan jika hasil pengukuran tekanannya tinggi maka cuaca diperkirakan cerah atau normal.

Cara menggunakan barometer sangat sederhana, Anda tinggal meletakkan alat tersebut pada daerah atau lokasi yang ingin Anda ketahui tekanan udaranya. Setelah beberapa waktu Anda tinggal melihat pada display atau monitor hasil pengukurannya.

12. Densitometer.

Densitometer
@Wikipedia.org

Densitometer adalah alat yang mempunyai fungsi untuk mengukur tingkat kegelapan dari suatu benda yang semi transparan atau film. Untuk bidang pengelasan densitometer ini digunakan untuk mengukur densitas dari film radiografi.

Cara menggunakan Densitometer:

  • Tentukan lokasi yang akan diukur, setelah itu tekan tombol reset atau zero.
  • Letakkan film atau benda yang akan diuji.
  • Ukur pada titik yang sama, kemudian akan muncul nilai densitas pada monitor.

13. Hygrometer.

Alat Ukur Kelembaban HygrometerFungsi hygrometer adalah untuk mengetahui kelembaban pada suatu ruang tertutup. Penggunaan alat ini biasanya dibidang industri elektronik dan makanan, karena jika kelembaban berlebih dapat mengakibatkan alat elektronik rusak dan jika pada makanan dapat menyebabkan makanan itu muncul jamur makanan.

Cara menggunakan hygrometer sangat mudah, Anda tinggal meletakkan alat tersebut dalam ruangan yang diukur kelembabannya, kemudian tinggalkan beberapa menit, setelah itu Anda dapat melihat hasil pengukuran untuk tingkat kelembaban pada monitor alat tersebut.

14. Busur Derajat.

Alat Ukur Busur Derajat
@mikirbae

Busur derajat adalah alat untuk mengetahui besar sudut dan menggambar suatu sudut. Jenis busur derajat yang sering kita jumpai adalah setengah lingkaran atau 180 derajat, namun sebenarnya ada juga yang busur derajat tipe lingkaran atau 360 derajat.

Cara menggunakan busur derajat:

  • Posisikan titik ujung atau pangkal garis ketitik pusat dari busur derajat.
  • Putar busur hingga garis yang menunjukkan 0 derajat sejajar dengan garis acuan.
  • Lihat garis yang berhimpit atau sejajar dengan garis yang akan diukur besar sudutnya, maka hasil tersebut menunjukkan hasil pengukuran besar sudut.

15. Penyiku.

Alat Ukur PenyikuPenyiku adalah alat yang berfungsi untuk mengetahui suatu benda apakah sudutnya sudah 90 derajat atau belum. Jika diukur dengan penyiku sudah rata dan tidak ada rongga, maka sudut tersebut sudah 90 derajat dan sudah rata.

Alat ukur industri di atas merupakan yang paling umum digunakan, pada kesempatan selanjutnya akan kami update kembali. Atau jika Anda ada jenis alat ukur yang ingin dijelaskan bisa request pada kolom komentar atau langsung kontak kami, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *