Kacamata Las

Posted on

Kacamata Las

Kacamata las / kacamata safety sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi setiap orang. Kacamata ini pada dasarnya merupakan kacamata pelindung mata saat melakukan suatu pekerjaan yang melibatkan mata untuk melihat sesuatu yang tajam. Dengan memakai kacamata ini, mata akan tetap terlindungi dan bebas dari risiko penyakit mata.

Fungsi Kacamata Las :

  • Kacamata safety mempunyai beberapa fungsi yang sangat baik bagi kesehatan mata. Untuk fungsi yang utama yaitu mengurangi risiko katarak, tahun jauh / dekat, serta kebutaan. Jadi mata akan senantiasa sehat dan dalam kondisi normal.
  • Untuk fungsi yang kedua yaitu melindungi mata dari percikan / serpihan logam padat, cairan logam, bahan kimia, debu, non logam, benturan, uap, gas, radiasi dan lain sebagainya.

Benda – benda tersebut terlihat cukup sepele dan tidak berbahaya. Tetapi dapat menjadi hal yang sangat fatal apabila terjadi dalam waktu jangka panjang. Selain itu sulit untuk mengobatinya dan bahkan proses penyembuhannya dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Jenis Kacamata Las :

1. Kacamata goggles / overspecs.

Bentuk dari kacamata ini seperti kacamata renang tetapi mempunyai lensa yang panjang dan lebar. Jadi bukan hanya dapat melindungi mata, namun juga area di sekitar mata. Dengan demikian bukan hanya terhindar dari percikan / serpihan, tetapi juga menutup celah akan percikan / serpihan tersebut yang dapat masuk ke dalam mata.

Untuk kacamata ini biasanya dilengkapi dengan fitur anti gores / Starch resistan, anti kabut / anti fog. Jadi penglihatan dengan kacamata ini cukup jelas dan tidak mengganggu, terlebih lagi saat tubuh penuh dengan keringat. Yang dapat membuat kacamata berkabut / penuh dengan air keringat.

Kacamata ini dilengkapi dengan tali yang sangat elastis dan ada pula dengan tali yang dapat diatur panjangnya. Untuk kacamata jenis ini biasanya digunakan untuk profesi konstruksi, pabrik dan staf laboratorium.

2. Kacamata safety bening / warna.

Bentuk dari kacamata seperti kacamata biasa, tetapi mempunyai lensa yang jauh lebih lebar. Untuk lensa kaca terdapat 2 macam, yaitu lensa bening dan lensa warna. Tetapi khusus untuk kacamata dengan lensa warna kuning dapat memberi perlindungan pada mata dari blue light / sinar biru pada tingkat cahaya yang rendah sekalipun.

Sedangkan untuk lensa yang berwarna coklat / abu – abu / hitam / gelap mempunyai fungsi ganda. Jadi bukan hanya melindungi mata dari risiko percikan, tetapi juga melindungi mata dari sinar uv / matahari. Untuk kacamata jenis ini cocok digunakan sebagai aktivitas di luar ruangan.

Dengan lensa yang cukup lebar membuat kacamata ini mampu melindungi mata dari risiko berbagai macam percikan / serpihan. Lalu untuk material frame ada yang terbuat dari logam dan adapula yang terbuat dari plastik. Biasanya untuk frame yang terbuat dari plastik jauh lebih murah.

3. Kacamata face shield / face screen.

Kacamata jenis ini mempunyai bentuk yang menyerupai topeng. Kacamata jenis ini merupakan kacamata sekunder / tambahan. Fungsi dari kacamata ini bukan hanya sekedar melindungi mata, namun juga seluruh wajah. Sehingga kulit wajah, organ mata, organ hidung, organ mulut dan semua bagian wajah terlindung sepenuhnya dari berbagai macam percikan / serpihan.

Kacamata face shield ini dilengkapi dengan tali. Lalu kacamata ini juga mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda – beda.

4. Kacamata visor / browguards.

Bentuk dari kacamata ini seperti topi tenis / baseball yang hanya mempunyai penutup di bagian depan. Lalu tepat di bagian depan dilengkapi dengan visor / kaca yang lebar dan bahkan menutupi sebagian wajah. Untuk visor biasanya dapat di buka.

Pada bagian belakang dilengkapi dengan tali. Kacamata visor ini tersedia dalam warna visor bening dan berwarna. Ada pula yang dilengkapi dengan penutup telinga. Fungsi kacamata jenis ini bukan hanya sekedar melindungi mata. Namun juga mampu melindungi wajah sekaligus.

5. Kacamata welding.

Kacamata safety yang satu ini biasanya digunakan khusus sebagai kacamata las. Tetapi dapat pula digunakan sebagai kacamata pelindung biasa. Bentuk dari kacamata ini menyerupai dengan kacamata renang. Tetapi untuk lensa dirancang secara khusus dengan berbagai tingkatan shade. Sebab pada dasarnya kacamata ini berfungsi sebagai pelindung mata dari kilatan cahaya / photokeratitis yang dihasilkan dari proses pengelasan.

Shade pada lensa ini ialah tingkat kegelapan dari suatu lensa. Jika ukuran shade semakin tinggi maka semakin gelap pula lensa kacamata. Biasanya tingkat minimal shade pada kacamata welding yaitu 3 shade. Khusus untuk proses las listrik / busur harus menggunakan kacamata welding dengan shade tingkat tinggi. Sebab tingkatan cahaya pada las listrik sangat tajam dan terang.

Untuk kacamata jenis ini ada jenis auto darkening. Pada jenis tersebut tidak mempunyai tingkat shade. Hanya saja kacamata dapat bekerja secara otomatis dan menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang ada di depan mata.

Lihat juga: Sarung Tangan Las Listrik Beserta Fungsinya

Cara Kerja Kacamata Las Listrik:

Cara kerja dari sebuah kacamata safety sangat simple. Karena cara pemakaiannya sangat simple dan lensa pun akan menjadi penghalang dari berbagai macam percikan atau serpihan hingga kilatan / radiasi. Tetapi ada sebuah jenis kacamata yang mempunyai cara kerja khusus. Kacamata tersebut yaitu kacamata welding yang dilengkapi dengan fitur auto darkening.

Saat digunakan sebagai kacamata biasa, lensa akan berwarna bening. Dalam arti tidak sedang melakukan pekerjaan las. Tetapi saat melakukan pekerjaan las, maka lensa akan berubah menjadi gelap dengan sendirinya. Tingkat kegelapan pada lensa sesuai dengan tingkat radiasi pada las. Saat sinar radiasi yang dihasilkan sangat tajam maka lensa menjadi sangat gelap. Dan sebaliknya jika sinar radiasi tidak terlalu tajam, lensa pun tidak akan terasa gelap.

Lihat Juga: Bahaya Las Listrik Yang Perlu Anda Ketahui

Nomor Kacamata Las dan Fungsinya :

Nomor WarnaPengelasan dan Pemotongan dengan Busur Listrik

Pengelasan atau Pemotongan dengan Gas

1.5
1.7
2

Untuk sinar bias atau sinar samping

2.5
3
4

Untuk cahaya rendah

5
6

Untuk busur dengan arus di bawah 30 A

Untuk cahaya sedang

7
8

Untuk busur dengan arus 30-75 A

Untuk cahaya kuat

9
10
11

Untuk busur dengan arus 75-200 A

12
13

Untuk busur dengan arus 200-400 A

14

Untuk busur dengan arus lebih dari 400 A

Merek Kacamata Las Terbaik:

1. Kacamata welding titan.

Jenis kacamata ini telah dilengkapi dengan fitur auto darkening. Fitur darkening pada kacamata tidak menggunakan tenaga baterai, melainkan menggunakan solar cell. Sehingga kacamata ini tidak perlu dicharged.

Untuk kacamata ini juga sangat multifungsi. Karena dapat digunakan sebagai kacamata biasa dan dapat digunakan sebagai kacamata dengan tali pengikat. Hal tersebut disebabkan karena tali pada kacamata ini dapat dilepas dan dapat dipasang kembali dengan mudah. Bentuk dari kacamata ini cukup modern dan lensanya berbentuk persegi menyerupai sebuah layar. Harga dari kacamata ini yaitu 160.000 IDR.

2. KDK topeng las.

Kacamata ini merupakan jenis dari kacamata face shield. Pada bagian lensa juga telah dilengkapi dengan fitur auto darkening. Dengan kacamata ini dapat melindungi wajah seluruhnya. Untuk kacamata ini mempunyai kelebihan dalam material. Material dari kacamata ini sangat elastis, kuat dan tahan terhadap api dan panas.

Sehingga bukan hanya sekedar melindungi mata dan wajah dari radiasi / percikan. Tetapi dapat melindungi wajah sepenuhnya dari suhu yang cukup ekstream / risiko akan fire burn. Dengan kata lain kacamata ini juga dilengkapi dengan uv / ir protection. Harga dari kacamata ini sangat murah walaupun dilengkapi dengan fitur keamanan terbaik. Harga dari kacamata ini hanya 91.000 IDR.

Lihat juga: Harga Kacamata Las Terbaru

Kacamata las pada dasarnya bukan hanya sekedar sebagai kacamata yang digunakan untuk proses las. Namun mempunyai berbagai macam fungsi yang membuat kacamata ini menjadi suatu kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *