Sepatu Safety

Posted on

Sepatu Safety

Sepatu safety / safety shoes menjadi hal yang sangat penting untuk melindungi diri dari segala risiko kecelakaan kerja. Karena itu safety shoes termasuk ke dalam kebutuhan yang utama bagi setiap orang yang sedang bekerja. Terutama yang bekerja di lingkungan proyek ataupun pabrik.

Fungsi Sepatu Safety :

Safety shoes bukan hanya sekedar aksesoris yang harus dikenakan. Tetapi safety shoes memiliki manfaat dan fungsi tersendiri bagi pemakainya. Manfaat yang paling utama dari sepatu safety ini yaitu membuat kaki terasa nyaman dan terlindungi dengan baik. Sedangkan untuk fungsi dari safety shoes antara lain sebagai berikut ini :

1. Melindungi kaki dari benda – benda tajam dan berbahaya.

Fungsi dari safety shoes yang paling utama yaitu melindungi kaki dari benda – benda tajam. Benda – benda tajam tersebut merupakan faktor utama dari kecelakaan kerja. Serta dapat melukai kaki. Benda – benda tajam tersebut mungkin mempunyai ukuran yang kecil. Sehingga terkadang tidak menyadari atas keberadaan dari benda – benda tajam tersebut. Benda – benda tajam tersebut meliputi paku, kerikil, serpihan kaca dan lain sebagainya.

2. Mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Benda – benda tajam tersebut mempunyai risiko yang cukup besar untuk membuat kaki terluka. Entah itu tertusuk, berdarah, hingga membuat kaki robek. Segala kemungkinan besar yang terjadi menjadi risiko yang cukup fatal bagi kaki.

Dengan mengenakan safety shoes, setidaknya dapat meminimalisir risiko akan luka pada kaki. Karena jika kaki terluka maka harus beristirahat di rumah hingga kondisi kaki membaik dan dapat kembali bekerja.

3. Melindungi kaki dari benda panas dan dingin.

Manfaat safety shoes lainya yaitu melindungi kaki dari lantai / benda yang mempunyai suhu yang cukup ekstrem. Entah itu suhu lantai yang panas maupun dingin. Jika kaki berjalan diatas suhu yang cukup ekstrem maka berjalan menjadi sangat tidak nyaman. Hal tersebut tidak akan terjadi saat memakai safety shoes. Sepanas / sedingin apapun lantai tidak akan begitu terasa di kulit kaki. Sehingga berjalan pun menjadi cukup nyaman tanpa merasa kesakitan.

4. Melindungi kaki dari zat berbahaya.

Saat bekerja, terkadang dikelilingi dengan zat yang berbahaya. Akibatnya juga cukup fatal apabila zat tersebut mengenai kulit baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Dengan mengenakan safety shoes kaki pun akan menjadi aman dan terlindungi. Jadi tidak perlu terlalu khawatir jika sewaktu – waktu zat berbahaya jatuh.

5. Mengurangi risiko tergelincir.

Lantai yang bersih biasanya harus licin. Namun lantai yang licin sebenarnya cukup berbahaya dan dapat mengakibatkan jatuh dengan mudah hanya karena terpeleset / tergelincir. Karena itulah safety shoes menjadi hal yang cukup penting. Dengan sepatu tersebut akan mengurangi risiko jatuh akibat tergelincir / terpeleset.

Jenis Jenis Sepatu Safety :

Jenis Sepatu Safety
@blibli

Sepatu safety mempunyai beberapa jenis. Untuk jenis safety shoes yang utama dibedakan menjadi bentuk sepatunya. Berikut ini adalah jenis safety shoes berdasarkan bentuk :

1. Low cut.

Sepatu ini sangat simpel dan tidak terlalu besar. Lalu panjang dari sepatu tidak lebih dari tinggi betis kaki. Biasanya sepatu ini digunakan di area yang tidak begitu ekstrem seperti laboratorium dan dapur.

2. Middle cut.

Untuk sepatu jenis ini sedikit lebih panjang dari sepatu low cut. Panjang dari sepatu ini pun lebih tinggi sedikit dari betis kaki. Penggunaan dari sepatu ini biasanya di medan yang tidak begitu berbahaya seperti pabrik.

3. Boot cut

Untuk sepatu yang satu ini mempunyai bentuk yang cukup panjang. Bahkan ada yang hampir mencapai lutut. Penggunaan dari sepatu ini di medan yang cukup ekstrem, misalnya di medan yang lebih dengan lumpur.
Selain dibedakan dari bentuknya, safety shoes juga dibedakan sesuai dengan manfaatnya. Inilah daftar dari safety shoes yang sesuai dengan manfaatnya :

Jenis Safety Shoes berdasarkan manfaatnya:

1. Toed shoes.

Jenis safety shoes ini mempunyai ciri khas yaitu di bagian ujung sepatu dilengkapi pelindung. Sehingga jari – jari kaki menjadi aman dari risiko kecelakaan kerja. Umumnya sepatu ini dipergunakan di pabrik yang memproduksi material berat seperti kayu.

2. Insole shoes.

Salah satu material dari pembuatan sepatu ini yaitu baja ringan / besi. Material tersebut hanya sekedar disiapkan. Fungsi dari sepatu ini yaitu bukan hanya sekedar melindungi kaki dan tulangnya, tetapi juga membuat gerakan menjadi stabil. Biasanya jenis sepatu ini dipergunakan pada profesi yang mengandalkan kaki seperti sopir truk.

3. Metal instep footwear.

Sepatu ini juga memiliki pelindung yang terbuat dari material metal / besi / baja ringan. Tetapi material tersebut bukan disisikan melainkan diletakkan pada bagian alas dan berbentuk lempengan. Fungsinya pun sangat efektif dalam melindungi kaki dari benda tajam. Untuk sepatu digunakan pada pabrik yang memproduksi kaca, besi dan lain sebagainya.

4. Metatarsal shoes.

Untuk sepatu ini memiliki pelindung yang diletakkan di bagian atas. Fungsinya yaitu melindungi kaki dari benda – berat. Jadi kalo tidak mudah cedera jika seandainya tertimpa benda – benda yang cukup berat. Penggunaan dari sepatu ini pada profesi yang berhubungan dengan angkat – mengangkat.

5. Efektif hazard shoes.

Sepatu ini mempunyai pelindung yang berupa material khusus. Biasanya material tersebut mempunyai sifat isolator / tidak dapat menghantarkan arus listrik. Sehingga tidak mudah terkena sengatan listrik. Sepatu ini biasanya digunakan oleh profesi yang berhubungan dengan listrik.

6. Heat resistant shoes.

Jenis sepatu ini juga terbuat dari material khusus yang tidak dapat menghantarkan panas / api. Jadi material harus bersifat isolator yang cukup tinggi dan bahkan tahan terhadap suhu hingga 300° Celsius. Sepatu ini hanya khusus digunakan para pemadam kebakaran.

Baca juga: Alat Keselamatan Kerja Pengelasan

Merk Sepatu Safety Terbaik:

1. Vausky safety shoes.

Desain dari sepatu ini mirip dengan sepatu sneakers. Lalu sepatu ini juga tahan terhadap air dan juga suhu panas. Material dalam sepatu ini yaitu karet dan kulit sintetis. Sepatu yang dibandrol dengan harga 360.000 IDR termasuk kedalam jenis low cut.

2. Jogger bestboy s3.

Sepatu ini mempunyai material baja di bagian toecap / jari kaki dan midsole / tengah. Sepatu ini tergolong ke dalam jenis toer shoes dan middle cut. Harga dari sepatu ini yaitu 330.000 IDR.

Lihat juga: Bahaya Pengelasan yang harus dihindari

3. Nike safety shoes.

Sepatu ini juga termasuk ke dalam jenis toed shoes dan middle cut. Material yang digunakan yaitu kulit dan pada bagian alas kaki terbuat dari material karet. Jadi sepatu ini kedap terhadap air. Untuk harganya dibandrol dengan 250.000 IDR.

4. Sepatu Safety King.

Merk ini merupakan yang paling umum dan harganya cukup murah, namun kualitas sudah terjamin dan juga nyaman ketika dipakai. Harga sepatu safety king ini mulai Rp 218.500 hingga Rp 351.500, untuk modelnya ada yang menggunakan tali dan tanpa tali.

5. Sepatu Safety Krisbow.

Sepatu Safety Krisbow
@blibli

Untuk Anda yang bekerja di Industri, sepatu safety merk krisbow dapat menjadi salah satu opsi yang dapat Anda beli. Karena merk ini sudah sangat lama dan sudah punya nama, untuk harganya mulai dari Rp 375.000 hingga Rp 460.000.

Lihat juga: Harga Sepatu Safety Terbaru Semua Merk

Dari semua jenis sepatu safety yang ada mempunyai fungsi yang berbeda – beda. Sehingga pilih sepatu yang sesuai dengan profesi. Tidak hanya sekedar terpikat pada desain yang menarik. Jadi sepatu dapat berfungsi dengan baik dan tepat guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *