Jenis Power Tools dan Fungsinya

Posted on
Power Tools

Jenis power tools dan fungsinya sangat penting untuk diketahui oleh para tenaga kerja di bidang industri pembuatan produk souvenir ataupun property. Anda perlu mengenali berbagai jenis power tools, baik yang tradisional dan kontemporer untuk perbaikan di rumah maupun kebutuhan industri.

Apakah Anda bekerja dengan mesin atau membutuhkannya untuk perbaikan di sekitar rumah Anda, kemungkinan Anda pasti akan membutuhkan yang namanya power tools. Saat ini, alat-alat listrik ada di mana-mana sehingga perlu untuk diketahui jenis-jenis dan fungsinya.

Jenis Jenis Power Tools dan Fungsinya

Penasaran apa saja power tools yang ada dan bisa dimanfaatkan saat ini?

1. Air Compressor / Kompresor Udara

Kompresor udara memiliki energi terkompresi dalam bentuk bensin atau energi listrik. Saat Anda menggunakan perangkat ini, alat terus menyimpan energi terkompresi di dalam tangki hingga mencapai batasnya. Perhatikan bahwa kapasitas dan daya tekanan kompresor udara bervariasi, tergantung pada modelnya.

Kompresor udara digunakan untuk berbagai aplikasi. Biasanya kompresor udara menjadi komponen penting dari AC, pemanas, dan ventilator. Perangkat ini juga digunakan untuk menyalakan alat pneumatik termasuk jackhammers, senjata paku, dan lain lain.

2. Mesin Side Grinder

Side grinder adalah sebuah alat dengan lempengan cakram dari baru gerinda yang digunakan untuk memotong, menggiling, dan memoles benda logam dan non-logam. Alat ini terkompresi dengan motor listrik sehingga penggunaannya harus menggunakan aliran listrik untuk bisa menggerakkannya.

Side grinder sendiri tersedia dalam bentuk yang dijalin dengan tali dan tanpa kabel dan dapat digunakan untuk memotong dan menghaluskan tepi keras dan bahan seperti batu, logam, kayu, dan lainnya

3. Gergaji Listrik

Salah satu jenis power tools yang paling populer adalah gergaji listrik yang tersedia dalam berbagai jenis. Gergaji adalah alat tenaga mekanik yang biasa ditemukan di mana-mana, entah itu di rumah, lokasi konstruksi, toko mobil, dan toko mesin. Gergaji mesin memiliki gigi yang berputar dan cara penggunaannya adalah dengan menggunakan baterai, listrik atau bensin.

Berbagai jenis gergaji mesin dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan kayu atau logam. Perangkat serbaguna ini dapat memotong bahan apapun, terlepas dari seberapa besar atau tebalnya. Namun, gergaji mesin adalah alat yang berbahaya dan harus digunakan dengan hati-hati.

4. Gergaji Bundar Elektrik

Gergaji bundar elektrik dikenal dengan cakramnya yang tajam bisa memotong material dengan gerakan berputar. Jangan khawatir, gergaji ini aman digunakan karena terdiri dari bingkai di bagian atas dan samping gergaji untuk perlindungan pengguna. Bagian bawah gergaji alkan melakukan pemotongan sehingga tidak memiliki penutup.

Jenis Gergaji ini dapat memotong semua jenis bahan apakah itu kayu, plastik, batu, atau logam. Gergaji bundar elektrik juga datang dalam berbagai bentuk baik dengan kabel, tanpa kabel, portabel, atau genggam. Jenis gergaji satu ini paling bagus untuk pemotongan lurus dan melakukan pekerjaan secara akurat dan efisien daripada alat listrik lainnya untuk pekerjaan serupa.

5. Gergaji Meja

Jenis power tools ini dipasang pada meja dengan mata pisau yang mengarah melalui sebuah slot. Gergaji meja bisa digunakan untuk memangkas, memotong, atau menggergaji barang apapun. Gergaji meja, seperti banyak alat lainnya, berfungsi dengan gerakan listrik. Namun, beberapa dari gergaji meja digerakkan oleh roda gigi juga.

Fitur terbaik dari gergaji meja yang mungkin tidak ditawarkan oleh alat lain adalah kemampuan untuk menyesuaikan bentuk sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Anda dapat memindahkan gergaji ke atas dan ke bawah, tergantung pada seberapa banyak gergaji yang Anda butuhkan.

Gergaji meja paling baik untuk pemotongan vertikal dan horizontal, terutama pemotongan yang terlalu sulit untuk dilakukan oleh gergaji genggam dan gergaji listrik lainnya. Sayangnya, gergaji meja kurang mudah dibawa. Umumnya, gergaji meja selalu ada di lokasi konstruksi karena memiliki roda yang membuat meja lebih mudah untuk bergerak atau berguling.

6. Bor Listrik

Adalah alat yang paling penting untuk setiap pengerjaan proyek apapun. Bor bisa digerakkan dengan memanfaatkan aliran listrik. Mesin bor sendiri digunakan untuk berbagai pekerjaan seperti melubangi dinding, memasang sekrup di ruang padat, dan lain lain.

Mesin bor sendiri memiliki banyak sekali jenis. Namun, yang paling populer adalah bor listrik karena penggunanya yang mudah.

7. Bor Palu

Selain bor mesin, ada juga palu putar atau bor palu. Jenis mesin bor ini digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan kecepatan, efisiensi, dan tenaga.

Bor palu bekerja lebih cepat daripada bor tradisional. Artinya, alat bisa membuat lubang lebih akurat dan kuat dan semua itu bisa dilakukan dalam waktu singkat.

8. Nail Guns

Jenis alat yang digunakan untuk mengarahkan paku ke kayu atau jenis bahan lainnya. Berbeda dengan palu genggam, maka nail guns ini bentuknya hampir seperti sebuah pistol. Nail guns secara khusus digunakan ketika alat sederhana seperti palu genggam gagal masuk ke suatu objek. Alat ini digunakan ketika temboknya sangat keras sehingga alat listrik dasar tidak dapat menggerakkan paku.

Perangkat ini didukung oleh udara bertekanan pneumatik, elektromagnetisme, atau gas yang mudah terbakar seperti propana atau butana. Jenis alat ini banyak digunakan oleh tukang kayu untuk atap, finishing, dan lantai. Selain pekerja profesional, amatir yang tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan juga bisa untuk menggunakannya.

9. Wall chaser

Merupakan alat khusus yang dirancang untuk memotong saluran ke dinding sehingga pipa atau kabel listrik dapat dengan mudah dipasang. Alat ini didukung oleh motor listrik yang menggerakkan cakram.

Nah, karena dipegang dengan tangan, alat ini tentu bisa membuat pengguna lebih leluasa dalam melubangi dinding yang padat yang sulit dijangkau. Beberapa aplikasi umum dari wall chaser memasang pipa ke dinding, memasukkan saluran ke dinding bata, dll.

10. Jointer

Jointer adalah alat yang membantu menghaluskan atau meratakan tepi permukaan seperti kayu. Alat listrik ini juga memotong kayu menjadi lebar seperti yang diinginkan. Seringkali, ketika orang memotong kayu dengan tangan, dan menghasilkan tepi yang tidak rata. Tapi untungnya, dengan jointer, Anda bisa meratakan tepi kayu yang kasar secara instan.

Orang sering bingung menggunakan jointer dengan planer karena serupa. Namun, kedua alat ini memiliki tujuan yang sedikit berbeda. Jointer harus digunakan untuk meratakan kayu atau meratakan tepi yang tidak rata. Di sisi lain, planer digunakan untuk memberikan permukaan paralel pada kedua sisi potongan kayu.

Sudah paham mengenai jenis power tools dan fungsinya? Kira-kira mana sajakah alat yang paling familiar dengan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.