Jenis Jenis Mesin Frais

Posted on

Jenis Mesin Frais

Jenis jenis mesin frais digunakan untuk proses memotong dan menghilangkan bahan dari benda kerja yang ada di sudut sumbu pahat. Dengan bantuan mesin ini, Anda dapat melakukan banyak pekerjaan mulai dari memotong benda kecil hingga besar.

Ini adalah mesin yang digunakan untuk menghilangkan logam dari benda kerja dengan bantuan pemotong berputar yang disebut pemotong frais. Mesin ini bisa digunakan pada permukaan datar, kasar dan tidak teratur. Mesin frais juga dikenal sebagai serba guna yang mampu menggiling dan memutar material juga.

A. Jenis Mesin Frais Tipe Kolom dan Lutut.

Mesin frais memiliki pemotong yang terpasang di atasnya untuk membantu menghilangkan material dari permukaan benda kerja. Ketika bahan sudah menjadi dingin maka akan dikeluarkan dari mesin penggilingan. Pada dasarnya, mesin ini digunakan dalam membentuk bahan padat, khususnya logam.

Selain fungsi utama ini, mesin penggilingan juga dapat melakukan tugas-tugas lain seperti pengeboran, perencanaan, memotong, dan memproduksi barang lainnya. Ada beberapa mesin penggilingan yang paling efektif. Untuk mengidentifikasi mesin penggilingan yang paling tepat untuk digunakan, Anda harus mampu membedakan setiap jenis mesin penggilingan.

1. Mesin Frais Tangan (Hand Milling Machine).

Jenis Mesin Frais Tangan
@pinterest.com

Jenis mesin ini paling sederhana dari semua jenis mesin frais. Jenis frais ini dapat diletakkan di meja manapun dan hanya dikendalikan oleh tangan. Mesin dapat dipasang pada sisi horizontal dan digerakkan oleh daya. Jenis mesin penggilingan ini berukuran kecil dan cocok untuk pemotongan ringan dan sederhana.

2. Mesin Frais Horizontal.

Jenis Mesin Frais Horizontal
@warco.co.uk

Mesin horizontal memiliki pemotong yang dipasang secara horizontal di seberang meja. Dengan pengaturan ini, bahan dapat diletakkan pada tiga sumbu. Salah satu kelemahan utama dari jenis mesin ini adalah banyaknya kontrol yang membuat pemotongan relatif lebih lambat. Ada beberapa faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mesin ini.

Termasuk arah umpan penggilingan, kecepatan potong, laju umpan, dan pelumasan. Arah juga penting karena mempengaruhi kinerja mesin dan kualitas benda. Kecepatan pemotongan juga harus sesuai dengan jenis bahan dan pemotong. Pemberian pelumas disarankan juga oleh berbagai produsen untuk pengoperasian mesin jenis ini.

3. Mesin Frais Vertikal.

Jenis Mesin Frais Vertikal
@brewstermachinery.com

Mesin vertikal memiliki orientasi vertikal. Ada dua jenis mesin vertikal yang populer di pasaran. Salah satunya adalah gilingan yang diatur sedemikian rupa sehingga bahan dapat bergerak sejajar dengan porosnya sendiri.

Sementara meja dibiarkan bergerak secara tegak lurus terhadap poros bahan. Mesin ini dianggap sebagai jenis yang lebih fleksibel yang bisa dikerjakan oleh pemula maupun profesional. Jenis mesin ini sangat penting untuk mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu pengerjaan.

4. Mesin Frais Universal.

Jenis Mesin Frais Universal
@indiamart.com

Mesin frais universal dapat disesuaikan dengan berbagai operasi penggilingan. Meja dapat diputar ke sudut mana saja hingga 45 derajat di kedua sisi dari posisi normal. Semua operasi yang dilakukan pada pembentuk dapat dilakukan menggunakan mesin frais universal.

5. Mesin Frais Omniversal.

Jenis Mesin Frais Omniversal
@lathes.co.uk

Pada mesin ini, meja memiliki empat gerakan mesin penggilingan universal. Ini juga dapat dimiringkan di bidang vertikal dengan memberikan pengaturan putar di lutut. Susunan putar meja tambahan dapat membantu dalam permesinan alur spiral pada mesin frais omniversal.

B. Jenis Mesin Frais Fixed Bed.

Jenis Mesin Frais Fixed Bed
@exapro.com

Dalam mesin ini, alas mesin tetap berada di mesin. Tidak ada pengaturan lutut dan sadel yang dapat bergerak secara vertikal dan lainnya. Meja kerja terletak tetap. Spindel dari mesin ini dapat bergerak ke arah vertikal dan horizontal dan melakukan operasi pemotongan. Mesin ini besar dan berat dalam konstruksi. Hal ini berbeda dari mesin frais lainnya.

Meja langsung dipasang pada tempat yang tetap. Gerakan meja hanya dibatasi untuk sudut kanan ke poros spindel tanpa ketentuan untuk penyesuaian silang atau vertikal. Jenis mesin ini terbagi menjadi simpleks, dupleks, dan tripleks berdasarkan kepala spindel.

C. Jenis Mesin Frais Planer.

Jenis Mesin Frais Planer
@mastercontrols.net

Mesin frais planer sebagian besar digunakan dalam produksi massal. Mesin ini mirip dengan mesin penggilingan tipe fixed bed namun dapat dipasang dengan berbagai pemotong dan kepala spindel pada mesin. Tipe mesin ini dapat melakukan operasi menghadap secara bersamaan. Dengan demikian produsen dapat menghemat waktu produksi. Mesin ini memiliki rel silang yang mampu dinaikkan atau diturunkan dengan membawa pemotong. Itu memiliki kepala mereka, dan pelana.

D. Jenis Mesin Frais Spesial.

Mesin frais spesial dengan desain non-konvensional telah dikembangkan untuk memenuhi berbagai keperluan khusus. Mesin ini memiliki poros untuk memutar pemotong dan untuk memindahkan bahan ke arah yang berbeda. Mesin ini adalah mesin penggilingan modern yang dikembangkan untuk memudahkan operasi penggilingan sesuai dengan pekerjaan.

1. Mesin Frais Dengan Meja Putar (Rotary Table).

Jenis Mesin Frais Dengan Meja Putar
@exapro.com

Mesin frais dengan meja putar adalah alat berbentuk bundar dan berputar sekitar sumbu vertikal. Di sini pemotong diatur pada ketinggian yang berbeda. Hal ini dapat menghasilkan satu alat untuk memotong benda dan satu lainnya menyelesaikan. Keuntungan alat berat ini adalah pemuatan dan pembongkaran benda yang terus berlangsung. Hal ini dapat dilakukan oleh operator bahkan saat pekerjaan sedang berlangsung.

2. Mesin Frais Drum.

Jenis Mesin Frais Drum
@ftgum.com

Mesin ini seperti mesin penggilingan meja putar. Tapi meja pendukung benda kerjanya disebut sebagai “drum” dan berputar pada sumbu horizontal. Pemotong penggilingan mesin frais drum dipasang pada tiga atau empat kepala spindel. Mesin ini berputar dalam sumbu horizontal untuk menghilangkan logam dari benda yang didukung pada kedua sisi drum. Bagian-bagian mesin akan dihapus setelah satu putaran drum dan kemudian yang baru dijepit.

3. Mesin Frais Planetary.

Jenis Mesin Frais Planetary
@ebay.com

Pada mesin planetary benda kerja dibuat diam saat pemotong berputar. Pemotong bergerak untuk menyelesaikan permukaan silinder pada benda baik secara internal maupun eksternal. Mesin ini juga disesuaikan untuk penggilingan internal dan eksternal.

4. Mesin Frais Pantograf.

Jenis Mesin Frais Pantograf
@stanki-katalog.ru

Jenis mesin frais pantograf dapat menduplikasi pekerjaan dengan menggunakan mekanisme pantograf. Ini memungkinkan ukuran benda kerja yang diproduksi lebih kecil dari, sama dengan atau lebih besar dari ukuran. Juga digunakan untuk model yang berbeda untuk keperluan khusus. Pantograf adalah suatu mekanisme yang pada umumnya dibangun dari empat penghubung yang dihubungkan dalam bentuk jajar genjang.

Mesin pantograph tersedia dalam model dua dimensi dan tiga dimensi. Pantograf dua dimensi digunakan untuk ukiran huruf atau desain lainnya. Sedangkan model tiga dimensi digunakan untuk menyalin segala bentuk dan kontur benda.

Lihat juga: 14 Bagian Mesin Frais Beserta Fungsinya

5. Mesin Frais Tracer Controlled.

Jenis Mesin Frais Tracer Controlled
@wikimedia.org

Mesin frais tracer controlled memiliki kemampuan untuk memproduksi bagian berdasarkan pada model utama. Sebagian besar sektor industri, terutama industri otomotif, memilih jenis mesin ini karena membuat produksi lebih mudah. Klasifikasi mesin jenis ini memiliki penggilingan yang luas.

6. Mesin Frais CNC (Computer Numerical Control).

Jenis Mesin Frais CNC
@krisbow.com

Jenis mesin frais lainnya adalah CNC. Ini adalah tipe mesin penggilingan paling serbaguna yang dikendalikan oleh komputer. Ini adalah versi yang lebih baik dari mesin frais fixed bed. Mesin ini memiliki poros yang dapat bergerak di ketiga arah dan meja dapat berputar 360 derajat. Semua gerakan ini dikendalikan secara hidrolik yang diperintahkan oleh komputer.

Lihat juga: Jenis Jenis Mesin Bubut Lengkap dengan Penjelasannya

Jenis Mesin Frais di atas merupakan tipe yang ada saat ini, namun dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat pastinya akan ada tipe Mesin freis yang lebih canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.