Jenis Mesin Bor

Posted on

Jenis mesin bor dan fungsinya sangatlah penting untuk dipelajari bagi industri manapun. Mesin bor sendiri adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang bundar atau pengencang dalam sebuah konstruksi atau alat yang sifatya keras. Mesin bor digunakan untuk proses pengeboran, dan juga merupakan teknologi pemrosesan yang sering dibutuhkan dalam produksi manufaktur.

Jenis Mesin Bor

Mesin bor adalah salah satu peralatan yang paling diperlukan dalam rekayasa. Alat canggih ini digunakan untuk membuat semua jenis lubang di permukaan keras seperti kayu, logam, beton, dan bahkan batu. Alat ini sangat umum di semua jenis toko mesin dan bisa menangani semua jenis tugas pada permukaan yang berbeda.

Jenis jenis mesin bor dan fungsinya :

Dari pekerjaan konstruksi dan proses pembuatan lubang, berikut macam macam mesin bor yang umum digunakan untuk kegiatan tersebut.

1. Mesin Bor Portabel.

Sesuai dengan namanya, adalah mesin bor satu ini bersifat portable. Alat satu ini begitu kecil mudah sekali untuk memindahkan dan menggunakannya di lingkungan yang berbeda padan berbagai jenis tugas. Mesin bor portabel adalah alat yang serbaguna dan dapat digunakan untuk mengebor lubang pada work piece di posisi apa pun.

Inilah yang menjadi keunggulan utama mesin bor portabel dibandingkan mesin bor standar. Mesin bor portabel umumnya memiliki mekanisme pengeboran kompak dengan tipe motor universal.

Mesin dapat menampung bor dari diameter 12 mm hingga 18 mm. Mesin bor portabel umumnya dioperasikan dengan kecepatan lebih tinggi dan akan menyelesaikan sebagian besar tugas tepat waktu. Namun, ada batasan untuk sifat pekerjaan yang dapat mereka gunakan.

2. Mesin Bor Duduk.

Mesin bor duduk atau sensitif adalah alat khusus yang dapat digunakan untuk mengebor lubang kecil pada tugas yang lebih ringan atau work piece dengan kecepatan sangat tinggi. Mesin bor duduk biasanya memberikan rasio kecepatan tak terbatas. Meskipun tidak terlalu memiliki pergerakan besar, mesin ini tidak bisa dipegang dengan tangan.

Mesin bor duduk biasanya dipasang di meja kerja tetapi juga dapat dipasang di lantai dengan menggunakan baut dan mur. Alat ini memudahkan operator untuk ‘merasakan’ mudahnya mengebor ke dalam work piece. Mereka dapat mengebor lubang kecil sekitar 0,035 mm dan dapat menangani lubang yang lebih besar dengan diameter hingga 15,5 mm.

Jenis Mesin Bor Duduk

3. Mesin Bor Vertikal

Jenis mesin bor vertikal juga disebut mesin bor kolom. Alat satu ini sangat mirip dengan mesin bor duduk, tetapi dapat menangani tugas-tugas menengah dan jauh lebih berat. Alat ini juga memiliki mekanisme pengumpanan daya untuk memutar bor.

Mesin bor vertikal dapat mengebor lubang hingga 50 mm. Pada dasarnya ada dua jenis mesin bor tegak menurut penampang kolom yakni mesin bor tegak bagian kolom bulat dan mesin bor tegak kolom kotak. Keduanya sama-sama efisien dan serbaguna.

4. Mesin Pengeboran Radial.

Satu dari sekian mesin bor paling populer dan Anda akan menemukannya di sebagian besar bengkel. Mesin satu ini dirancang dengan baik untuk pengeboran pada work piece sedang hingga besar dan berat.

Bagian utama dari mesin adalah base, kolom, lengan radial, kepala bor, kecepatan spindel dan mekanisme umpan. Rwdial arm didukung oleh kolom dan dapat disesuaikan secara vertikal untuk mengakomodasi work piece dengan ketinggian berbeda.

Lengan mesin bor radial memiliki kepala bor di atasnya dan dapat diayunkan ke posisi apa pun. Kepala bor juga dapat dibuat meluncur di redial arm dan itulah yang merupakan alasan utama mesin ini disebut mesin pengeboran radial.

5. Gang Drilling Machines.

Mesin gang drilling adalah jenis khusus dari mesin bor yang memiliki dua atau lebih kepala bor dan dipasang di meja yang sama secara berdampingan. Dalam kebanyakan kasus, ada 4 atau 6 kepala bor yang dipasang pada saat yang bersamaan.

Kepala bor biasanya memiliki motor penggerak terpisah dan dapat dijalankan baik secara bersamaan atau dalam urutan yang ditentukan. Setiap spindel dalam pengaturan ini dapat diatur secara independen untuk kecepatan dan kedalaman.

Mesin bor satu ini sangat berguna dalam kasus di mana work piece membutuhkan beberapa operasi yang dilakukan. Mesin satu ini dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti pengeboran, counterboring, penyadapan reaming dan banyak lagi.

6. Mesin Bor Spindel.

Mesin bor spindel mirip dengan gang drilling machine dalam hal desain. Mesin ini juga memiliki beberapa spindel dan dapat mengebor beberapa lubang pada work piece secara bersamaan. Mesin bor spindel bisa sangat membantu ketika ada kebutuhan untuk mereplikasi pola lubang yang sama di sejumlah work piece yang identik.

Alat ini bisa menangani pengeboran dengan sangat sempurna. Alasan utama mesin ini sangat akurat adalah memiliki pengulangan pola lubang yang sama. Hal ini dikarenakan semua spindel pada mesin tertentu digerakkan oleh motor yang sama dengan menggunakan satu set roda gigi. Lubang nantinya akan dibor pada work piece sehingga jarak antara spindel dapat disesuaikan.

Lihat juga : 15 Jenis Kikir dan Fungsinya untuk menghaluskan permukaan

7. Mesin Bor Otomatis.

Sesuai dengan namanya, tentu alat satu ini adalah mesin bor otomatis yang membuat pengerjaan sebagian besar work piece menjadi lebih mudah dan cepat. Mesin bor otomatos dapat dengan mudah melakukan serangkaian operasi pemesinan di unit yang berurutan dan mentransfer pekerjaan dengan mulus ke unit lain secara otomatis.

Setelah mesin diatur dengan benar, pekerjaan dapat dimuat di mesin pertama. Setelah tugas selesai pada mesin tertentu, pekerjaan akan secara otomatis dipindahkan ke mesin lain di mana operasi yang berbeda dilakukan.

Menariknya dari mesin bor satu ini adalah, tidak perlu ada penanganan manual yang diperlukan saat mesin bor otomatis bekerja. Hanya saja, Anda perlu melakukan pemantauan. Jenis mesin satu ini sebagian besar digunakan untuk tujuan produksi dan tidak terlalu umum.

8. Mesin Pengeboran Deep Hole.

Deep hole adalah mesin bor khusus yang diperlukan untuk mengebor lubang yang dalam pada bahan khusus. Alat ini dirancang khusus dan biasanya memiliki kecepatan potong yang tinggi. Contoh tugas yang memerlukan penggunaan mesin bor lubang dalam adalah barel senjata, spindel panjang, poros engkol, poros panjang, dan beberapa peralatan pengeboran sumur minyak. Mesin bor lubang dalam memiliki tipe vertikal dan horizontal.

Pengeboran adalah salah satu tugas yang membutuhkan penggunaan alat yang tepat. Mesin bor memiliki jenis yang berbeda dan memilih yang tepat akan membantu setiap pengguna menyelesaikan tugas yang berbeda.

Baca juga : Jenis Batu Gerinda untuk Proses pemotongan dan penghalusan

Selain itu, kemampuan mesin bor juga bisa berbeda karena kecepatan spindel, hidung spindel, travel spindel dan motor listrik yang digunakan dalam mesin. Jadi, sangat penting untuk memilih mesin bor yang tepat dan sesuai dengan permintaan klien.

Dengan mengetahui jenis mesin bor dan fungsinya, maka Anda bisa menemukan alat paling tempat untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *