Tang

Posted on

Tang

Tang / plier adalah sebuah alat yang biasanya digunakan pada kontraktor dan instalasi listrik. Bentuk dari alat ini seperti sebuah penjepit. Selain itu plier memiliki berbagai macam jenis dengan berbagai macam fungsi.

Pengertian Tang :

Pengertian dari plier secara umum yaitu sebuah alat penjepit yang digunakan untuk menjepit, memotong dan memegang benda dengan erat. Sehingga inti dari deskripsi plier hanya sebuah alat penjepit yang memiliki banyak kegunaan.

Material pembuatan dari alat ini adalah sejenis logam yang mempunyai karakter massa cukup berat. Biasanya jenis logam uang sering dimanfaatkan dalam membuat plier yaitu besi dan baja. Sedangkan pada bagian pegangan terbuat dari material karet yang memiliki karakter keras.

Fungsi Tang :

Fungsi TangSejuk, plier memang hanya sekedar alat penjepit. Namun fungsi dari alat ini lebih dari sebagai penjepit. Di bawah ini adalah fungsi dari plier selengkapnya :

  1. Memotong kawat.
    Kabel dan fiber serta berbagai macam benda yang memiliki bentuk seperti kawat. Fungsi ini seperti fungsi dari gunting, tetapi benda yang dipotong dengan alternatif penjepit ini umumnya memiliki karakter keras dan tidak dapat dipotong menggunakan tangan, gunting maupun pisau.
  2. Membengkokan benda sejenis logam, seperti paku. Bukan hanya sekedar membengkokan saja, namun dapat menjadikan logam seperti kawat supaya berbentuk bulat.
  3. Memegang suatu benda / sebagai alat bantu untuk memegang sesuatu, terutama alat konstruksi dan instalasi listrik. Dengan menggunakan plier dapat memegang benda dengan sangat erat dan tidak akan mudah terlepas.
  4. Memutar / sebagai alat bantu untuk memutar benda seperti mur, baut dan benda lain sejenisnya.
  5. Membuka penutup yang terbuat dari logam. Misalnya membuka penutup cat dan lain – lain.
  6. Memasang paku dengan spesifikasi jenis paku yaitu paku keling / rivet. Keling sendiri adalah yang memiliki fungsi khusus sebagai pengikat penyambungan dari suatu plat besi dengan cara dikeling.
  7. Menggulung kawat.
  8. Mengambil sebuah benda yang berada tempat sempit dan sulit dijangkau dengan tangan.
  9. Menjepit snap ring / circlip pada suatu mesin.
  10. Mencabut paku.
  11. Mencengkeram dan memutar – mutar pipa.
  12. Menjepit klem pada selang radiator.
  13. Menyambung / menyatukan kabel dengan sepatu / skun kabel.
  14. Menyambung / menyatukan kabel satu dengan kabel lain dengan berbagai macam ukuran.

Baca juga: Fungsi Pahat dan Cara Menggunakannya

Macam Macam Tang :

Jenis Jenis Tang

  1. Combination plier.
    Jenis plier ini merupakan salah satu jenis dari alat penjepit unik yang paling banyak dijumpai dan sangat umum digunakan. Combination plier memiliki sangat multifungsi, sehingga penggunaan dari jenis ini sangat banyak.
    Ciri khas dari jenis alat ini memiliki lubang pada bagian tengah penjepit. Lubang tersebut mempunyai gerigi. Umumnya lubang berbentuk bulat ataupun oval.
  2. Side cutting plier.
    Ciri khas dari alat ini memiliki ujung rahang tajam. Pada bagian kepala berbentuk lonjong dan sangat rapat serta tidak berlubang.
  3. Long nose plier.
    Long nose plier memiliki ujung panjang dan runcing. Sekilas bentuk dari ujung plier tersebut sangat mirip dengan mulut ikan cucup. Ada pula yang menyebut ujung plier seperti mulut buaya.
  4. Locking plier.
    Jenis alat ini diciptakan oleh William S Petersen pada 1924. Locking plier juga disebut dengan vice grip. Ujung alat penjepit / rahang ini umumnya berbentuk bulat dan mempunyai lubang bergerigi pada bagian penjepitnya.
    Sementara pada bagian belakang, terdapat sebuah skrup pemutar. Fungsi dari skrup tersebut untuk mengatur lebar kecilnya rahang.
  5. Rivet plier
    Khusus untuk jenis ini mungkin memiliki bentuk yang sangat jauh berbeda dari bentuk plier pada umumnya. Biasanya pada ujung alat plier, umumnya merupakan alat penjepit. Namun tidak untuk alat ini.
    Ujung dari rivet plier bukan penjepit, melainkan hanya bentuk batang. Lalu ujung alat ini terlihat menyamping.
  6. Circlip plier / SPI.
    Bagian ujung circlip plier ini runcing dan panjang. Namun ujung dari alat ini tidak sepanjang long nose plier.
    Ada 2 buah bentuk dari jenis alat ini. Pertama circlip plier dengan ujung runcing dan lurus. Kedua circlip plier dengan ujung bengkok.
  7. Catut.
    Catut juga termasuk ke dalam jenis plier. Dalam bahasa sunda, alat ini disebut dengan gegep. Ada pula yang menyebutnya geget.
    Bentuk dari catut sangat identik dengan ujung bulat dan tidak tajam. Sekilas ujung rahang dari catut ini berbentuk menyerupai paruh burung kakaktua. Karena hal ini catut / gegep ini sering disebut pula sebagai catut kakaktua.
  8. Water pump plier.
    Jenis alat ini hanya khusus untuk digunakan dalam pekerjaan yang mempunyai hubungan dengan pipa. Water pump plier juga disebut dengan interlocking joint plier.
    Ciri khas dari plier ini terlihat jelas dari bagian tengah penjepit. Di bagian tersebut terdapat berbagai macam slot / pin. Dengan slot tersebut ujung / rahang pada alat ini dapat digeser dengan mudah untuk menyesuaikan ukuran pipa.
    Semakin dalam menggeser slot, maka ukuran bukaan rahang semakin besar. Dan sebaliknya jika menggeser slot ke tepi, maka ukuran bukaan rahang menjadi kecil.
  9. Slip joint plier
    Slip joint plier biasanya digunakan pada motor maupun mobil dan sering kali digunakan sebagai hadiah ketika membeli motor / mobil baru.
    Alat ini memiliki ujung pipih dan terdapat gerigi pada bagian tengah rahang. Sambungan slip pada plier ini sangat fleksibel dan ukuran rahang dapat diatur.
  10. Wire stripper.
    Wire stripper memiliki khusus untuk mengupas dan memotong kabel. Alat ini seolah memiliki 2 macam rahang sekaligus.
    Untuk rahang pertama / depan digunakan untuk mengunci terminal kabel. Rahang yang kedua mempunyai beberapa lubang dengan ukuran diameter yang berbeda – beda pada rahang inilah yang dapat digunakan untuk mengupas kabel.
  11. Press hidrolik plier / crimping tool.
    Penjepit dari alat ini tidak terletak di ujung. Melainkan terletak di tengah rahang. Bentuk dari penjepit memiliki lubang kecil di tengahnya.
  12. Manual press plier.
    Fungsi dari dari alat ini hampir sama dengan crimping tool, tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Pada bagian ujung rahang alat ini bergerigi dengan bentuk zigzag.
  13. Round nose plier
    Round nose plier memiliki ujung rahang tajam dan runcing. Namun kedua sisi dari penjepit berbentuk silinder / bundar dan bukan pipih ataupun kotak.
  14. Clamp meter.
    Khusus untuk alat ini telah dilengkapi dengan alat pengukur tegangan arus listrik / ampere meter. Ujung dari alat ini umumnya menyerupai capit kepiting.

Lihat juga: Jenis Jenis Palu dan Fungsinya

Cara Menggunakan Tang:

Cara Menggunakan TangCara untuk menggunakan plier sangat mudah. Cukup dengan menjepit objek tujuan. Objek dapat berbentuk kawat, kabel dan lain – lain.

Cara Kerja Tang :

Dengan memiliki berbagai macam jenis, cara kerja alat ini berbeda – beda. Hal tersebut tergantung pada jenis plier dan kegunaannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Semua Jenis Gergaji

Review mengenai tang diatas menjadi suatu referensi yang sangat berguna. Terutama bagi yang hendak mencari / membeli plier untuk menyebutkan alat yang lebih spesifik. Supaya yang dibeli sesuai dengan apa yang tengah dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *