Macam Macam Kode Kawat Las Untuk Semua Proses Lengkap

Posted on

Kode Kawat Las

Macam Macam Kode Kawat Las – Elektroda merupakan salah satu consumable utama dalam proses pengelasan. Hal ini dikarenakan komposisi kimia yang terkandung di dalam elektrode sangat berpengaruh terhadap hasil las lasan baik itu sifat mekanik (kekuatan tarik, kekerasan, impact) atau terhadap struktur logam las (metalography).

Setiap elektroda mempunyai spesifikasi yang berbeda beda, memang hal ini disengaja karena pemakaiannya juga untuk proses pengelasan yang berbeda. Berbeda merk juga biasanya mempunyai kode kawat las yang berbeda pula, seperti elektroda merk kobe yang mempunyai jenis kawat las rb dan lb. Untuk kode elektroda nikko steel mempunyai jenis kawat las rd 260, 360 dan 460.

Jenis elektrode ini memang bervariasi, namun tujuannya tetap untuk mendapatkan hasil las lasan yang memenui standar keberterimaan dan tidak ada cacat las baik saat diuji visual maupun uji merusak dan tidak merusak. Untuk Anda yang ingin mengetahui pengertian kode kawat las, berikut ini pengelasan.net bagikan untuk Anda.

Kode Kawat Las dan Kegunaannya :

Berikut penjelasan mengenai arti setiap kode kawat las dari semua proses yang dapat Anda pelajari.

Kode Kawat Las Shield Metal Arc Welding (SMAW):

  • Elektroda Mild Steel
    Misal E 6013
    E: Elektroda
    60: Kekuatan Tarik Minimum 60 satuannya KSI (Biasanya ada tipe juga 70 dan 80 misal E 7016, E 7018, E 8010, E8018)
    1: Untuk semua posisi pengelasan (Untuk kode lain yaitu 2 (posisi flat dan horizontal) dan 3 (Posisi flat) )
    3: Jenis komposisi kimia dari flux yang nanti juga berpengearuh terhadap penetrasi, arus dan polaritas. Jenis digit keempat ini ada Untuk lebih detailnya lihat gambar di bawah ini.
Kode Elektroda
Pengeritan Kode Elektroda SMAW

Pengertian Kode Filler Metal Gas Metal Arc Welding GMAW:

  • ER – 70S – 6
    E: Elektroda
    R: Rod (Dapat digunakan untuk GMAW, tanpa flux)
    70: Kekuatan tarik minimum KSI (70, 80 90, 100)
    S: Solid (Jenis elektroda Solid atau tanpa flux)
    6: Komposisi kimia, 6: High Silicon
Spesifikasi Kode Filler Metal GMAW
Spesifikasi Kode logam pengisi GMAW (goodheart)

Arti Kode Filler Metal FCAW (Flux Core Arc Welding):

  • E 71 T 1
    E: Elektroda
    7: Kekuatan tarik minimum (7, 8, 9, 10 x 10.000 psi)
    1: Posisi pengelasan (1: untuk semua posisi, 0: untuk posisi flat dan horizontal fillet)
    T: Tubular (FCAW)
    1: Komposisi kimia (1: untuk baja karbon)
Arti Kode Filler Metal FCAW
Arti Kode Filler Metal FCAW (goodheart)

Kode Kawat Las SAW (Submerged Arc Welding):

  • F7A2-EM12K
    F: Mengindikasikan Fluks
    7: 70-95 KSI kekuatan tari minimum
    A: Sebagai las lasan, jika P: Post Weld Heat treatment
    2: Minimum kekuatan impact 20 ft-lbs pada 20 derajat F
    E: Mengindikasikan Elektroda
    M: Medium Manganese per AWS Spefisications
    12: 0,12% Kandungan karbon dalam elektroda
    K: Produced from a heat of aluminium killed steel
Kode Filler Metal SAW
Kode Filler Metal SAW

Macam macam kode kawat las dan kegunaanya di atas semoga bermanfaat untuk Anda sebagai referensi untuk melakukan pekerjaan pengelasan untuk memperoleh hasil yang maksimal dan tidak repair. Jika ada pertanyaan atau tanggapan silahkan tuliskan kedalam komentar atau kontak.

56 comments

  1. aduh saya sdikit kurang mengerti pak ,jadi perbedaan rd-260 dan rd-460 apa yah pak ? soalnya saya salah beli. disuruh rd-260 malah rd-460 . mohon infonya segera pak

    1. RD-260 dan 460 sama sama AWS Clasnya E6013, kalau dari spesifikasinya yang membedakan adalah ukurannya. Untuk RD-260 itu Diameternya 2,6 panjangnya 350mm, sedangkan RD-460 ukurannya diameter 2.0 panjangnya 300 mm.

      1. Dari segi kekuatan tarik, dan salutan sama. yang membedakan adalah ukurannya. Untuk RD-260 itu Diameternya 2,6 panjangnya 350mm, sedangkan RD-460 ukurannya diameter 2.0 panjangnya 300 mm.

  2. Bila mau belanja kawat las merk lain :
    Contohnya merk Superon. Tapi dgn ukuran yg sama RD -260(Nikko steel) , kira kira pilih speknya yg sama gmna pak,…

    1. kalau speknya seharusnya hasilnya biasanya sama juga, namun terkadang kenyamanan saat digunakan seperti kestabilan busur dan hasil uji mekaniknya berbeda.

    2. saya ngagenin merk superon , specknya sama tinggal kita lihat AWSnya saja, kalau yang setara RD 260 ,punya superon ialah Super Optimal 6013

      1. kenapa dengan superon pak? saya sendiri belum pernah menggunakan superon, biasanya Cobe atau niko steel.

  3. Kalau untuk pengelasan pagar kawat las yang di gunakan rd230 atw rd460 sedangkan invester las menggunakan 450watt?

  4. saya punya masalah pak
    root gap jarak badan pertemuan rafter dengan baseplate 20-50mm
    dan terjadi cacat undercu, incomplete fusion,blow hole, cluster porosity, gas pore, dan slag inclusion, sy khawatir terjadi reduced weldability
    mohon arahan secepatnya pak
    metoda perbaikannya seperti apa, termasuk jenis elektroda
    terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya

    1. lebar gapnya cukup besar ya pak, saya pernah tau penelitian dengan lebar gap 0, 5 dan 10 pak. Untuk caranya diberikan consumable insert dari filler elektroda yang sesuai dengan material kemudian dilas menggunakan proses SMAW elektrodenya bisa E 7016, E 7018 atau E 6013 disesuaikan dengan jenis material yang dilas pak. http ://repository. ppns .ac .id/81/
      Atau bisa dengan cara build up pak ini ada penelitian http ://repository .its .ac .id/ 59749/1/4212105014-Undergraduate%20Thesis.pdf

  5. Saya mau ngelas cylinder block Avanza menggunakan mesin las inverter . mohon sarannya pakai kawat las apa yah? kira kira ampernya berapa ? Apakah equipmentnya harus di panaskan terlebih dahulu sebelum di las?
    Thanks sebelumnya

    1. Kalau untuk cylinder block memakai elektroda khusus pak, karena cylinder block itu jenis materialnya cor ya pak. Sehingga pakai elektroda yang baja cor yang sesuai. Untuk pemanasan material sebelum dilas juga disarankan untuk material seperti itu.

  6. Kalau untuk ls baja ringan galvanis pakai kawat las 2 mm atau 1,6mm.
    Bbrapa toko jarang sedia yg1,6mm
    Kode nya yg 1,6mm ?
    Terimakasih ..

    1. Pakai 2 mm sudah bisa Pak, namun amperenya disesuaikan saja atau bisa dicoba pada material yang tidak dipakai pak. Untuk kode sama pak RD-260, namun saat beli ngomong ke penjual ukuran 1,6 mm.

    1. Sepengetahuan saya itu berdasarkan Merk pak, RD itu Elektroda dari Nikosteel. Sedangkan rb dan lb itu dari Kobe Steel, yang Rb itu untuk spesifikasi 6013 dan lb itu untuk 7016 dan 7018 Pak.

  7. Sy kok ga pernah lihat rb 460 itu diameternya 2mm,
    Setiap saya beli di beberapa toko yg diameter 2mm pjg 300mm merk nikko steel itu pasti kodenya rb 260.

    1. Maaf Pak setahu saya tidak ada rb 460, adanya rb 26 dari Kobe Steel. Untuk rd 460 ada yang ukuran diameter 2.00 dengan panjang 300 mm Pak, sedangkan rb 26 itu diameter 2.6 mm dan panjang 350 mm pak.

    1. E 7016 dari kobesteel Pak, bisa yang diameter 2,6 atau 3,2 menyesuaikan tebal material yang akan dilas.

    1. Untuk menentukan Consumable bisa dilihat di ASME Sec II C pak untuk penentuan elektroda yang sesuai dengan material yang akan dilas. Selain itu juga dapat dilihat dari kekuatan uji tarik dari material dan juga dapat melihat aws untuk klasifikasi dari elektrodanya.

  8. Saya mau las pelat tebal 7 – 10mm dan pipa seamless sch 8. Kira kira untuk pengelasan sambungan berupa sudut siku yang cocok menggunakan kawat apa, diameter berapa? Karena mesin las saya hanya mesin las inverter 450watt.. Terima kasih

    1. bisa menggunakan kawat las diameter 2,6 LB 52, arusnya sekitar 60-80 dan dilas 2-3 layer. Namun saya sarankan menggunakan mesin las yang lebih tinggi dayanya.

  9. Pak saya mau tnya untuk pengelasan pipa galvanis sebaiknya pakek kawat las tipe apa ya,, soalnya saya pakek rb 26 saya las pipa galvanis sama elbow galvanis drat saya las paten itu gak bisa,, hasilnya tu ada pori2nya, kadang kadang retak, sedangkan kalau pipa galvanis ketemu pipa galvanis itu bagus hasilnya, mohon solusinya pak

  10. pak mohon arahan, untuk standard pengelasan baja iwf dan h beam sebaiknya menggunakan kawat las apa ya? ada kode aws nya yg khgbusus ga ga ?

    1. bisa menggunakan GMAW atau FCAW pak untuk hasil lebih cepat, filler metalnya bisa menggunakan E70S-6 untuk GMAW sedangkan FCAW E70T-1 pak.

  11. saya baca di RKS dari konsultant perencana sbb : Klasifikasi elektroda las adalah jenis E-420 dengan kuat tarik minimum 420 N/mm2.
    saya harus cari kawat las merk apa dan type apa ya ?
    trima kasih, mohon arahan nya,

    1. kalau merk bisa pakai esab pak kalau ada, kalau tidak ada yang tersedia saja atau sesuai bapak biasanya menggunakan apa.

  12. halo pak mau tanya untuk pengelasan besi hollow galvanise dan siku besi rekomendasi nya pakai apa ya?
    Niko RD360 sesuai tidak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *