Altimeter

Posted on
Altimeter

Seorang pilot dan beberapa profesi lain selalu mempunyai altimeter sebagai alat untuk mengukur. Selain itu alat ini juga dipergunakan sebagai navigasi saat melakukan penerbangan. Karena ini biasanya sebuah altitude meter dilengkapi dengan kompas.

Bukan hanya sebagai alat penting untuk bekerja, altitude meter juga digunakan untuk kepentingan pribadi / kelompok. Sebagai contoh saat melakukan hiking, free cliff jumping dan lain sebagainya. Nama lain dari alat ini yaitu altitude meter.

Pengertian

Arti dari altitude meter secara umum ialah suatu alat yang digunakan mengukur ketinggian pada suatu titik. Pengukuran itu dihitung dari permukaan air laut. Sedangkan menurut KBBI, artinya mengukur tinggi dari suatu tempat pada permukaan bumi yang didasari tekanan udara. Biasanya digunakan pada pesawat terbang.

Pada altitude meter, memiliki 3 buah prinsip kerja. Pertama tekanan udara yang paling sering dipergunakan. Kedua yaitu gelombang, meliputi gelombang infrared, ultrasonic / gelombang lainnya.

Ketiga yaitu magnet bulki dengan memanfaatkan sudut inklinasi. Sudut inklinasi adalah antar bidang yang dijadikan sebagai acuan pada bidang tersebut supaya dapat mengukur tingkat kemiringannya.

Fungsi

Fungsi altitude meter antara lain sebagai berikut :

  • Altitude meter untuk mengukur ketinggian.
    Merupakan fungsi utama dari alat altitude meter. Pada dasarnya jika digunakan untuk mengukur ketinggian, biasanya memanfaatkan tekanan udara. Tekanan udara harus dipantau secara berkala. Karena tekanan udara akan terus berfluktuasi di setiap permukaan bumi. Hal ini disebabkan perubahan cuaca.
    Ada suatu kekurangan terhadap altitude meter yang menggunakan prinsip tekanan udara kekurangan itu dengan sama sekali tidak memperhitungkan adanya hambatan yang berbahaya bagi nyawa. Untuk beberapa tempat mempunyai kondisi konstruksi tanah / faktor lain yang cukup ekstrem.
  • Sebagai alat navigasi.
    Pada fungsi ini, biasanya terdapat pada kerja altitude meter yang berbasis radio. Cara kerja alat ini hampir sama dengan alat navigasi / kompas. Penggunaan alat ini biasanya dilakukan pada penerbangan pesawat dengan kecepatan tinggi / penerbangan rendah, seperti pesawat jet tempur.
    Gelombang radio akan diturunkan dari pesawat, lalu terpantul kembali. Sehingga dapat dianalisa tingkat ketinggiannya. Ada altimeter ini bekerja jauh lebih cepat daripada altitude meter tekanan udara. Hasil pengukuran juga jauh lebih akurat.

Cara Kerja Altimeter

Cara Kerja Altimeter

Carat kerja altitude meter dibedakan berdasar dari prinsip kerja yang digunakan. Pada altitude meter tekanan udara sering kali menunjukan hasil pengukuran yang berbeda – beda. Pada suatu wilayah terdapat beberapa titik ketinggian dengan tingkat kepadatan udara yang berbeda – beda.

Tekanan udara akan menjadi lebih padat / rapat pada permukaan bumi, jika dibandingkan dengan tekanan udara pada wilayah tepat di atas permukaan bumi. Apabila tingkat ketinggian bertambah, maka tingkat tekanan udara menjadi berkurang.

Penyebab tekanan udara pada suatu tempat dengan ketinggian yang berbeda, biasanya menggunakan altitude meter. Jadi perubahan tingkat ketinggian akan terlihat. Mekanisme cara kerja alat ini sederhana. Altitude meter dapat disebut dengan barometer logam / aneroid barometer yang cara pembacaannya tidak pada satuan tekanan, namun pada satuan feet / kaki.

Pembacaan alat ini cukup berpengaruh pada perubahan tekanan di tanah. Itu disebabkan perubahan atmosfer. Maka dari itu alat ini dilengkapi dengan suatu mekanisme yang bertujuan mengoreksi adanya kesalahan yang terjadi yang dikarenakan adanya perubahan tekanan udara.

Alat altitude meter bekerja mengukur tekanan udara yang masuk dengan melalui sistem pitot – statis. Jika tekanan udara menjadi meningkat dengan sistem pitot – static, maka pesawat pada dalam kondisi mendekati sea level / semakin rendah. Namun sebaliknya apabila terjadi penurunan, maka pesawat pada kondisi menjauhi sea level / semakin tinggi.

Tingkat ketinggian bisa ditentukan atas dasar pengukuran tekanan atmosfer. Jika tekanan semakin rendah, maka tingkat ketinggian semakin tinggi. Saat barometer diberikan pada kalibrasi nonliner, dapat digunakan menentukan ketinggian. Jenis barometer ini daptt disebut dengan pressure altitude meter / altitude meter barometric. Alat ini juga sering dijumpai di sebagian besar pesawat terbang.

Cara Menggunakan Altimeter

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan altitude meter :

  • Tepatkan alat altitude meter pada posisi datar, dengan memastikan gelembung nivo tepat berada di tengah lingkaran.
  • Atur jarum indikator yang mempunyai tanda minus serta plusagar pada bagian tengah. Cara mengaturnya dengan memutar tuas pemutar yang berukuran besar yang terletak pada altitude meter.
  • Atur skala tinggi pada titik 0 meter, dengan cara menarik ke atas dan putar tuas pemutar yang kecil.
  • Letakkan altitude meter pada tempat yang akan diukir ketinggiannya.
  • Cari ketinggian tempat yang diinginkan denaan mengatur jarum indikator tepat berada di tengah dengan cara diputar. Lalu langkah terakhir baca skala yang muncul.

Cara Membaca Altimeter

Pada saat membaca altitude meter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

  • Alat ini hendak dipakai harus dikalibrasi terlebih dahulu. Caranya dengan memeriksa titik ketinggian dan tingkat ketelitian.
  • Altitude meter sangat peka pada lingkungan, khususnya pada perubahan cuaca dan guncangan. Sehingga amati dengan sesama saat memasuki area pada kondisi yang berbeda dari area sebelumnya. Skala yang ditunjukkan ada kemungkinan berbeda.

Aplikasi Altimeter

Sekarang untuk penggunaan dari altitude meter sangat praktis dan hanya dengan menginstal aplikasinya. Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi altitude meter :

Alat pengukur tinggi

Aplikasi bekerja secara smart tracking dan dapat digunakan mengukur tingkat ketinggian. Biasanya aplikasi ini menjadi andalan para hiker, cycling, ski dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini dapat mengetahui kondisi area yang sedang dipijak, mulai dari ketinggian serta koordinat lokasi. Ukuran aplikasi ini sangat kecil, hanya 6,7 MB.

Aplikasi ini dapat digunakan dalam mode online / offline. Jadi ketika sedang tidak dapat menjangkau signal, setidaknya mengetahui posisi area. Cara kerja aplikasi ini dengan memanfaatkan satelit GPS triangulation, jadi dapat digunakan dengan mode offline. Ada pula sensor tekanan barometer. Saat kondisi online, maka alat dapat berkalibrasi dengan sendirinya.

Alti meter akurat

Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 14,3 MB. Aplikasi ini juga termasuk jenis aplikasi yang dapat dijalankan secara offline. Aplikasi ini dilengkapi dengan grafik history yang dapat digunakan untuk memeriksa tingkat kenakan pada setiap kunjungan. Selain itu terdapat peta lengkap dengan keterangan garis kontur dan nama puncak.

Ada pula fitur tambahan untuk pro yang dapat merekam tingkat ketinggian. Bahkan tanpa dengan membuka aplikasi. Serta sama sekali tidak ada iklan. Lalu ada pula kompensasi sistematis atas kesalahan sensor tekanan.

Lihat juga : Fungsi Ombrometer untuk prediksi cuaca.

Itulah penjelasan lengkap tentang altimeter. Alat ini dapat menjadi sangat penting dan dibutuhkan beberapa orang. Namun dapat pula menjadi aplikasi yang sama sekali tidak begitu penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.