Jenis Kikir

Posted on

Jenis kikir dan fungsinya harus diketahui oleh seorang pekerja agar tidak salah dalam memilih alat yang tepat. Kikir digunakan untuk memotong, memangkas atau menyelesaikan suatu pekerjaan dari logam atau kayu untuk memberikan bentuk yang sesuai. Baik untuk membuat logam berbentuk bulat, persegi atau sudut, kikir adalah alat yang sangat tepat.

Jenis Kikir
@youtube

Macam Macam Kikir dan Fungsinya :

Kikir terbuat dari baja karbon tinggi dengan banyak titik potong. Logam dipotong menjadi partikel kecil dengan bantuan kikir. Oleh karena itu, sebagian besar kikir digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada pekerjaan logam atau kayu. Mau tahu apa saja jenis kikir yang sering digunakan untuk pengerjaan logam?

1. Kikir Rata.

Penampangnya berbentuk persegi panjang, instrumen ini dirancang dengan cara yang sedikit berbeda dengan meruncingkan lebar dan ketebalan kikir. Gigi potong ganda dipotong di muka, sedangkan gigi potong sederhana dipotong di tepinya.

Instrumen kikir rata sendiri adalah salah satu yang digunakan untuk mengurangi permukaan datar dengan mengisi dan menyelesaikan work piece.

2. Bulat.

Seperti namanya, maka jenis kikir satu ini memiliki bentuk bulat. Jenis kikir ini digunakan untuk tujuan menggosok atau menyelesaikan lubang kunci berdiameter kecil.

3. Setengah Bulat.

Bentuknya setengah lingkaran, satu sisi rata dan melengkung di sisi lain. Biasanya digunakan untuk memperbaiki lubang yang rusak dan juga untuk mengaturnya kembali.

4. Segitiga Sama Sisi

Jenis kikir satu ini jelas adalah memiliki bentuk seperti segitiga sama Slot kikir ditemukan memiliki sudut yang sama dan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan slot V, pekerjaan persegi dan persegi panjang mulai dari sudut 60°-90°. Kikir ini biasanya juga digunakan untuk mengasah mata gergaji yang sudah tumpul.

5. Persegi.

Jenis kikir ini berbentuk persegi dan agak sedikit meruncing. Biasanya jenis kikir ini sengaja digunakan untuk membuat alur maupun pasak.

6. Double Cut.

Kikir double cut memiliki dua baris gigi yang saling bersilangan pada sudut tertentu 40 ° – 45 ° derajat dan baris lainnya memiliki sudut 70 ° – 80 °. Hal ini diatur sedemikian rupa karena adanya gigi ganda.

Kikir ini berfungsi untuk memotong logam dengan cepat tetapi di sisi lain tidak dapat membuat permukaan yang halus. Jenis kikir ini juga disebut sebagai kikir tipe kasar yang memiliki sudut 30° hingga 35° dalam satu baris dan sudut 80° hingga 87° pada baris lainnya.

7. Curved Cut.

Dikenal juga sebagai kikir Vixen yang sebagian besar digunakan untuk menghaluskan permukaan lebar logam lunak seperti aluminium, seng, tembaga, dan kuningan.

8. Potongan Spiral.

Jenis kikir ini memiliki gigi, yang dipotong menjadi kikir bulat atau semi-bulat. Bentuk gigi dalam kikir potongan ini adalah spiral seperti benang.

9. Rasp Cut Kikir.

Kikir rasp cut adalah jenis kikir yang memiliki gigi tebal khusus. Alat satu ini juga memiliki gigi yang berbentuk segitiga. Jenis kikir satu ini seringnya digunakan untuk pengerjaan kayu, plastik, serat, karet keras dan tanduk hewan.

10. Jepit.

Kikir jepit disebut sebagai kikir yang meruncing baik lebar maupun tebal dengan titik bulat di ujungnya. Jenis kikir satu ini hanya ada sisi datar yang dipotong, sedangkan sisi lainnya semua disimpan dengan aman untuk menjalankan pekerjaan datar.

11. Crochet.

Kikir crochet adalah kikir yang lebarnya meruncing dan ketebalannya juga meruncing secara bertahap. Jenis perangkat mekanis ini sebagian besar digunakan dalam sambungan penghalusan baik di dalam permukaan datar atau melengkung.

12. Persegi Panjang.

Kikir persegi atau persegi panjang memiliki tiga sisi datar dan satu sisi memiliki alur cekung. Jenis instrumen mekanis ini banyak digunakan untuk menghaluskan permukaan bundar pada fret gitar dan instrumen lainnya.

Permukaan datar dari jenis kikir tersebut digunakan untuk melapisi ujung fret, dengan menghilangkan ujung tajam yang tersisa setelah fret dipangkas sesuai panjang yang dibutuhkan.

13. Cincin Setengah Bulat.

Kikir cincin setengah bulat disebut sebagai kikir yang meruncing dalam hal lebar dan ketebalan. Kikir jenis ini cukup sempit dibandingkan dengan lainnya. Jenis kikir satu ini biasanya digunakan untuk mengikir bagian dalam cincin.

14. Pisau.

Kikir pisau memiliki ketebalan yang sama dan panjang dengan jenis kikir kasar. Jenis kikir ini digunakan untuk operasi slotting atau wedging.

15. Kikir Pilar

Terakhir, ada kikir pilar yang lebarnya paralel dan ketebalannya meruncing. Alat satu ini bagus sekali digunakan untuk mengikir permukaan logam yang datar.

Baca juga : 23 Alat Teknik Mesin dan Sipil Lengkap

Jenis kikir dan fungsinya sangat penting dalam pengerjaan logam. Alat kikir diklasifikasikan dengan berbagai kategori seperti bahan, bentuk, dan nilai. Kikir sendiri disebut sebagai alat mekanis yang digunakan untuk menghilangkan jumlah zat yang lebih halus dari work piece. Jenis alat ini banyak digunakan dalam pekerjaan seperti pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *