Mesin Gerinda

Posted on

Mesin Gerinda

Mesin Gerinda salah satu alat bantu yang sering ditemukan di berbagai kegiatan kerja yang berhubungan dengan reparasi termasuk bengkel dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak industri yang menggunakan gerinda untuk melakukan penajaman, pengikisan, pemotongan hingga pengasahan.

Mesin Gerinda memang mempunyai banyak manfaat dalam dunia teknik, terutama untuk membersihkan sisa sisa pengelasan. Hal ini tidak terlepas dari kerja serta bentuk dan fungsi dari gerinda itu sendiri. Agar lebih mengetahui mengenai mesin gerinda maka berikut adalah informasi lengkapnya.

Pengertian Gerinda :

Gerinda atau yang juga disebut sebagai mesin gerinda merupakan Power tool yang multifungsi yang cukup penting. Gerinda menjadi salah satu mesin perkakas yang banyak digunakan untuk mengasah, memotong serta menggerus benda kerja untuk kebutuhan tertentu. Prinsip kerja dari mesin gerinda ini adalah dengan gerakan berputar yang kemudian bersentuhan langsung dengan benda kerja sehingga terjadi pemotongan pengesahan pengikisan dan juga penajaman.

Fungsi Gerinda

Fungsi Mesin GerindaSebagaimana alat bantu lainnya yang digunakan karena dapat berfungsi dan memperingan pekerjaan mata gerinda juga demikian. Adapun fungsi gerinda antara lain ialah:

  • Memotong benda yang ukurannya tidak terlalu tebal.
  • Memotong semua jenis material dengan menyesuaikan mata gerinda.
  • Menghilangkan maupun menghaluskan sisi tajam pada benda kerja.
  • Mengasah alat potong agar tetap tajam.
  • Meratakan dan menghaluskan permukaan benda kerja.
  • Membentuk profil seperti lengkungan pada benda kerja.
  • Sebagai proses akhir ataupun finishing yang dilakukan pada benda kerja.

Macam Macam Gerinda :

Dikarenakan fungsinya yang cukup banyak ataupun multifungsi maka jenis dari gerinda juga bermacam-macam seperti di bawah ini:

Mesin gerinda permukaan atau Service grinding machine, jenis mesin gerinda yang pertama ini digunakan untuk menghasilkan permukaan yang rata halus dan datar mesin gerinda datar pada umumnya digunakan untuk menggerinda permukaan dengan cara menggerakkan meja kerja cara pengoperasiannya bisa dilakukan secara manual maupun otomatis mesin gerinda permukaan ini ada 4 tipe yaitu:

  • Mesin gerinda datar vertikal lengkap dengan meja berputar di mana fungsi mesin ini hampir sama dengan mesin gerinda berbentuk datar horizontal dengan cara menggerakkan meja bolak-balik.
  • Mesin gerinda datar berbentuk horizontal dengan gerakan meja bolak-balik dimana. Pada umumnya, mesin ini bermanfaat saat menggerinda benda keras dengan permukaan yang lebar rata serta menyudut.
  • Mesin gerinda datar horizontal disertai gerakan meja berputar. Mesin jenis ini akan digunakan saat menggerinda permukaan rata pada poros.
  • Mesin gerinda datar horizontal digerakkan dengan meja bolak-balik dimana mesin yang digunakan untuk menggerinda benda dengan permukaan yang rata serta menyudut.
  • Mesin Gerinda Silindris atau Cylindrical Grinding Machine, mesin gerinda silindris ini merupakan sebuah mesin gerinda yang bertugas untuk mengerjakan benda masakan menggunakan mesin ini ialah Bearing Spindle mesin poros atau AS Sleeve, test bar dan lainnya. Mesin gerinda jenis silindris ini dibagi lagi menjadi empat tipe antara lain:
    • Mesin gerinda silindris universal, dimana jenis mesin ini mempunyai kemampuan menggerinda benda dengan diameter luar serta dalam yang berbentuk silindris maupun tirus di antara jenis yang lainnya mesin gerinda ini bisa dikatakan yang paling baik pengerjaannya.
    • Mesin gerinda silindris luar tanpa senter di mana jenis mesin gerinda ini sering dipakai untuk menggerinda Diameter luar dengan jumlah yang banyak baik itu yang berukuran pendek maupun yang berukuran panjang
    • Mesin gerinda silindris luar yaitu jenis mesin gerinda yang mempunyai fungsi untuk menggerinda Diameter luar pada sebuah benda berbentuk silindris maupun tirus.
    • Mesin gerinda silindris dalam dimana jenis mesin gerinda ini memiliki fungsi untuk menggerinda benda yang diameter dalamnya berbentuk tirus maupun silindris.
  • Gerinda duduk atau bench grinder, mesin gerinda jadi ini ukurannya lebih kecil dari 2 jenis mesin gerinda sebelumnya. Biasanya mesin gerinda ini akan dipasang pada sebuah meja kerja menggunakan baut. Mesin gerinda ini mempunyai 2 batu gerinda di bagian ujung berfungsi untuk mengasah benda berukuran kecil seperti pisau, pahat bubut, pahat tangan, mata bor dan juga golok. Mata gerinda kasar akan dipasang pada bagian sebelah kiri, sedangkan untuk mata gerinda halus akan dipasang pada bagian sebelah kanan.
  • Pemasangan dua jenis mata gerinda ini tujuannya supaya mesin gerinda mempunyai dua buah fungsi secara bersamaan yaitu pengasah dan pemotong. Fungsi pemotong menggunakan batu gerinda yang kasar sedangkan fungsi pengasah akan menggunakan batu gerinda yang halus.
  • Mesin gerinda tangan atau hand grinder, mesin gerinda tangan ini ukurannya cukup kecil sehingga bisa dipegang serta dioperasikan secara langsung menggunakan tangan jenis mesin gerinda tangan ini merupakan jenis mesin gerinda yang serbaguna. Dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis material, seperti logam, keramik, kayu dan lainnya.

Lihat juga: Harga Besi Hollow dan Spesifikasinya

Cara Menggunakan Gerinda :

Cara Menggunakan Mesin GerindaKetika menggunakan gerinda tentu harus memperhatikan berbagai prosedur yang tepat supaya tetap aman terkendali dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Cara menggunakannya ialah sebagai berikut:

  • Pertama Hidupkan lampu sebagai penerangan.
  • Kedua pastikan mesin serta batu gerinda sudah dalam keadaan yang baik di gunakan.
  • Kaca pelindung harus sudah terpasang pada mesin gerinda.
  • Sesuaikanlah jarak antara batu gerinda dan landasan tekan tombol start pada mesin tunggu sampai putaran mesin berjalan dengan normal.
  • Pakailah alat pelindung muka atau facial selama melakukan pekerjaan jangan lupa menggunakan vice grip untuk memegang benda-benda yang kecil.
  • Tekanlah tombol stop setelah selesai melakukan pekerjaan menggerinda tunggulah hingga mesin benar-benar berhenti berputar melepaskan kabel dari mesin ke outlet bersihkanlah kotoran-kotoran yang ada pada mesin gerinda menggunakan simpanlah alat-alat keselamatan pada tempat yang seharusnya

Cara Kerja Gerinda :

Cara kerja dari masing-masing jenis mesin gerinda memang berbeda namun secara umum prinsip kerja dari mesin gerinda ini ialah batu gerinda akan berputar kemudian akan bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadinya penajaman pengasahan pengikisan maupun pemotongan. Dari sinilah akan didapatkan hasil berupa benda yang terpotong atau benda yang seakan semakin tajam atau benda dengan permukaan akan semakin halus dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat membantu karena bisa mempermudah dalam menangani benda kerja yang ingin disempurnakan bentuk dan fungsinya.

Secara spesifik untuk prinsip kerja dari mesin gerinda datar bisa lagi dibagi menjadi dua macam yaitu Service Grinding semi otomatis di mana saat memotong bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan maupun dengan mesin secara otomatis. Kemudian ada Surface Grinding otomatis Dimana saat proses pemotongan diatur menggunakan program numerical control dan Computer numerical control.

Lihat Juga: Harga Besi Beton dan Spesifikasinya

Selain itu, cara kerja utama dari mesin surface grinding ialah dengan gerakan bolak-balik benda kerja serta gerak rotasi dari tool hal ini bisa dilihat dari kerja utama mesin tersebut dimana mesin gerinda datar sebagian besar mempunyai tiga gerakan yaitu gerak pemakanan gerak meja memanjang melintang gerak putar batu gerinda.
Demikianlah informasi mengenai mesin gerinda. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *