Jenis Batu Gerinda

Posted on
Batu Gerinda Amplas

Jenis batu gerinda di Indonesia ternyata ada banyak sekali. Batu gerinda sendiri adalah lempengan batu yang digunakan orang untuk menggiling dan menghancurkan berbagai bahan. Karakteristik dari batu gerinda biasanya terbuat dari batuan abrasif seperti batu pasir atau basal berbutir kasar atau kuarsit.

Batu-batu tersebut terkadang ditemukan terbalik, dengan permukaan gerinda menghadap ke tanah untuk melindunginya dari cuaca. Batu gerinda atas dan bawah belum tentu ditemukan bersamaan. Tekstur kerikil sungai yang halus terkadang juga menyerupai batu gerinda. Jika Anda perhatikan lebih dekat, permukaan kerikil sungai memiliki bekas benturan kecil yang disebabkan oleh tabrakan dengan kerikil lain di sungai.

Macam macam Batu Gerinda dan Fungsinya :

Jenis batu gerinda ini perlu dipahami agar tidak salah dalam penggunaan, untuk macam batu gerinda dan fungsinya dapat Anda lihat penjelasan berikut.

1. Grinding Wheel.

Permukaan batu gerinda memiliki banyak goresan akibat abrasi, tetapi terasa halus. Ukuran batunya bervariasi, dari sangat kecil (lebar 150 milimeter) hingga sangat besar (lebar 700 milimeter) dan beratnya bisa beberapa kilogram.

Nah, salah satu jenis batu gerinda yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang di bidang fabrikasi logam adalah grinding wheel. Jenis batu ini bisa mengikis permukaan pada logam baik itu stainless steel maupun baja. Grinding wheel sendiri umumnya difungsikan untuk mengasah berbagai macam alat potong seperti pisau. Adapun bentuk dari grinding wheel sendiri berbentuk oval, persegi panjang da nada juga yang tidak beraturan.

2. Gerinda Fleksibel.

Selanjutnya ada batu gerinda fleksibel yang terbuat dari batu pasir atau kuarsit dan biasanya berbentuk pipih. Batu ini bisa lebih bulat dibandingkan dengan grinding wheel. Jenis batu satu ini biasa digunakan mengikis berbagai macam permukaan logam yang dikhususkan pada area-area terbatas.

Fungsi dari batu gerinda fleksibel sendiri bahkan bisa dimanfaatkan untuk memotong sebuah logam. Sayangnya, area yang nantinya terpotong dengan batu gerindra fleksibel menjadi lebih lebar sehingga diperlukan kehati-hatian.

3. Gerinda Potong.

Namanya juga gerinda potong, maka jelas bahwa fungsi dari batu ini adalah memotong logam. Entah itu logam berupa besi mildsteel hingga stainless steel, batu ini bisa memotong material logam apapun dalam industri fabrikasi.

Berbentuk lebih pipih, maka celah potongan pada batu ini lebih tipis dibandingkan batu gerinda fleksibel, hanya berkisar 3 mm. Adapun area yang digiling dengan menggunakan batu ini akan mempunyai kedalaman yang bervariasi.

Mata Gerinda Potong

4. Mata Gerinda Sikat.

Selanjutnya ada batu gerinda mata sikat yang memiliki fungsi untuk membersihkan beberapa bagian yang ada dalam permukaan logam. Jika nantinya ada logam yang kotor seperti terjeba debu maupun kerak, maka bisa dibersihkan dengan mata gerinda serikat.

Batu jenis juga bisa Anda gunakan untuk mengambil lapisan permukaan kulit yang ada dalam luar kayu. Jadi, mata gerinda sikatpun juga bisa difungsikan untuk menghilangkan lapisan kayu.

5. Mata Gerinda Amplas.

Jenis batu gerinda selanjutnya adalah mata amplas susun yang memiliki bentuk yang disusun seperti lembaran kertas amplas. Anda pasti asing dengan kertas amplas bukan? Nah, jenis batu satu ini memiliki bentuk piringan yang sengaja disusun dari lembaran-lembaran kertas amplas.

Fungsi dari mata gerinda amplas sendiri adalah untuk menghaluskan berbagai macam jenis permukaan logam. Mata gerinda amplas juga bisa digunakan untuk menghaluskan kayu agar finishing yang dihasilkan rata dan bagus.

6. Mata Gerinda Amplas Datar.

Kalau Anda mencari batu yang bisa mengikis permukaan logam, maka Anda bisa menggunakan mata gerinda amplas datar. Bahkan, jenis mata gerinda satu inipun juga bisa kok digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu.

Jenis batuan ini bentuknya adalah piringan amplas datar yang disusun dari berbagai macam lembaran amplas. Umumnya sih batuan ini digunakan dengan rubber pad supaya Anda bisa menekan lebih mudah dan finishing yang dihasilkan lebih amat halus.

Mata Gerinda Amplas Datar

7. Pisau Potong Keramik.

Dari namanya, pasti Anda sudah bisa menebak ya jika jenis batu gerinda satu ini khusus digunakan untuk memotong keramik. Ya, pisau potong keramik ini terbuat dari gerinda yang memang sengaja difungsikan untuk memotong berbagai macam jenis keramin.

Untuk pisau potong yang basah, maka cara mengerjakan pemotongan dibutuhkan air untuk melumasi keramik. Sementara untuk pisau potong yang kering, cara pengerjaannya tidak membutuhkan air.

8. Mata Gerinda Tembok.

Selanjutnya, ada batu gerinda yang sengaja difungsikan untuk melakukan pengikisan pada berbagai macam permukaan kasar di antaranya adalah tembok, plesteran semen, atau granit. Jadi, mata gerinda tembok ini sengaja difungsikan untuk menghasilkan sebuah permukaan tembok atau plesteran yang rata.

Mata gerinda tembok juga bisa digungsikan untuk mengikis berbagai macam sisi granit agar bisa menghasilkan lekukan dengan mengikuti pola yang diharapkan.

9. Mata Pisau Potong Kayu.

Sebagaimana namanya, maka jenis batu gerinda satu ini sengaja digunakan untuk memotong berbagai macam kayu. Batu ini memiliki mata pisau yang secara khusus difungsikan untuk memotong kayu saja. Jadi, di bagian ujung mata gergaji mata gerinda ini dibuat dari kombinasi bahan yang terbuat dari baja dan Tungsten Carbide Tipped (TCT) sehingga bisa menghasilkan tekstur yang keras.

Mata pisau ini juga lebih bagus dan tidak akan cepat rusak ketika digunakan untuk memotong. Khusus mata pisau untuk potong kayu ini, ada banyak sekali produk circular saw yang bisa dipilih. Anda bisa mencari jenis mata pisau ini denan menyesuiakan jumlah mata gerigi.

10. Batu Gerinda Asah Spons.

Kalau Anda mencari sebuah batu gerinda yang sengaja digunakan untuk menghaluskan permukaan pada batu granit ataupun marmer, maka Anda bisa menggunakan batu gerinda asah spons. Jenis batuan ini bisa digunakan untuk mengasah granit maupun marmer agar mengkilap lagi usai dipotong.

11. Batu Gerinda Asah Non-Woven.

Jika yang Anda cari adaalah batu gerinda yang khusus untuk menghaluskan permukaan selain batuan marmer ataupun granit, maka gerinda asah non woven adalah alternatif yang tepat. Jadi, jenis batuan gerinda digunakan menghaluskan berbagai macam permukaan logam.

Paling cocok, batu gerinda satu ini bagusnya untuk mengasah stainless steel maupun aluminium. Batu gerinda satu ini bahkan bisa digunakan untuk membuat kedua jenis logam tersebut mengkilap.

12. Polishing Pad dan Kain Poles.

Terakhir, ada batu gerinda polishing pad dan kain poles yang khusus difungsikan untuk proses polishing. Jadi, ketika Anda hendak melakukan pengerjaan logam, maka gunakanlah polishing pad dan kain poles untuk polishing karena batu ini dilapisi sebuah cat dan juga clear coat paint. Pada umumnya, jenis gerinda ini digunakan untuk memoles cat mobil agar terlihat lebih mengkilap.

Batu gerinda memang merupakan batu yang sangat fungsional. Bahkan, lempengan batu satu ini digunakan orang Aborigin untuk menggiling dan menghancurkan umbi, biji-bijian, serangga, dan banyak hal lainnya.

Batu gerinda biasanya ditemukan di tempat orang Aborigin tinggal dan berkemah. Misalnya, mereka telah ditemukan di timbunan kerang dan tempat perlindungan batu, dan di lokasi perkemahan terbuka dan situs seni cadas. Saat ini, batu gerinda banyak digunakan untuk pengerjaan logam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.