Dongkrak

Posted on

Dongkrak adalah sebuah alat pengangkat yang digerakkan oleh tangan manusia yang berguna untuk mengangkat barang yang berat. Dunia mesin sangat membutuhkan alat ini agar mempermudah pengangkatan suatu benda berat yang akan dicek atau dipindahkan.

Jenis Dongkrak

Fungsi Dongkrak

Alat ini berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia, dengan menggunakan alat ini maka manusia akan dapat dengan mudah mengangkat alat-alat yang berat seperti mobil. Seiring perkembangannya, alat ini tidak hanya digunakan untuk mobil saja, melainkan saat ini banyak juga digunakan untuk berbagai macam kendaraan lainnya seperti, sepeda motor, kereta, dan kendaraan lainnya.

Fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk mengangkat mobil ketika seseorang ingin memperbaiki ataupun memasang mesin-mesin mobil yang sulit dijangkau. Dengan adanya alat ini, maka akan lebih mudah melakukan perbaikan mobil.

Dongkrak biasa digunakan untuk mengganti ban mobil, dan juga ketika ingin memperbaiki sistem pengereman juga membutuhkan alat ini sebagai sarana pendukung dalam melakukan perbaikan mobil. Jika memiliki mobil maka kita wajib memiliki dongkrak yang diletakkan di dalam mobil, karena jika suatu waktu mengalami kerusakan di jalan maka kita dapat memperbaikinnya.

Berdasarkan dari system gaya, dongkrak terdiri dari 2 macam yaitu:

  • Dongkrak Mekanik.
    Pada dongkrak jenis ini gaya akan diteruskan dan diperbesar melalui roda gigi kemudian ke batang gigi.
  • Dongkrak Hidrolik.
    Untuk dongkrak hidrolik gaya akan diteruskan dengan perantara zat cair. Pada dongkrak hidrolik digunakan sistem hidrolis untuk menambah gaya yang dipakai operator ketika sedang mengangkat beban kendaraan.

Jenis Jenis Dongkrak

Seperti apa jenis-jenis dongkrak yang sering digunakan di dunia? Simak ulasan dibawah ini untuk menambah pengetahuan Anda.

1. Dongkrak Gunting.

Merupakan salah satu dongkrak jenis mekanis. Dongkrak gunting memiliki bentuk menyerupai gunting. Dongkrak gunting juga bisa disebut dengan dongkrak ketupat atau bisa disebut juga dengan dongkrak jembatan karena bentuknya yang seperti ketupat ataupun jembatan. Dongkrak gunting merupakan peralatan standar yang wajib ada pada setiap mobil, biasanya saat membeli mobil baru maka kita akan dengan secara gratis mendapatkan dongkrak jenis gunting ini.

Cara memakai dongkrak jenis ini adalah dengan memutar poros ulir dengan searah jarum jam untuk mengangkat beban, dan jika ingin menurunkan beban maka putar poros ulir berlawanan arah jarum jam.

Dongkrak jenis gunting memiliki kelebihan yaitu ukurannya yang kecil tidak memakan tempat yang banyak dan perawatan dari dongkrak ini pun tidak sulit. Sedangkan kekurangan dari dongkrak gunting adalah untuk menggunakannya membutuhkan tenaga yang lebih besar daripada menggunakan dongkrak jenis lainnya.

2. Dongkrak Botol.

Adalah salah satu dongkrak jenis hidrolik. Dongkrak botol memiliki bentuk menyerupai botol sehingga alat ini disebut dengan dongkrak botol. Dongkrak ini memiliki banyak ukuran kapasitas sehingga ketika menggunakannya sesuaikan penggunaan dongkrak dengan berat beban yang diangkat.

Kelebihan dari dongkrak botol adalah untuk menggunakannya menggunakan tenaga yang lebih ringan dibanding dongkrak jenis gunting karena dongkrak botol menggunakan tenaga hidrolik untuk mengangkat beban.

Kekurangan dari dongkrak botol terletak pada harganya yang lebih mahal dibanding dongkrak jenis gunting dan kelemahan dongkrak hidrolik adalah ketika terjadi kebocoran minyak hidrolik akan menyebabkan penurunan gaya angkat dongkrak.

3. Dongkrak Buaya.

Salah stau jenis dongkrak hidrolik yang memiliki bentuk seperti mulut buaya ketika dongkrak ini dioperasikan, oleh karena itu dongkrak ini disebut dengan dongkrak buaya. Kelebihan dari dongkrak ini adalah dongkrak ini dapat digunakan di berbagai medan, seperti di tempat yang tidak rata atau miring.

Kelemahan dari dongkrak buaya adalah dongkrak ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga akan memakan tempat jika diletakkan di mobil dan harga dari dongkrak buaya lebih mahal dibanding dongkrak botol dengan kapasitas pengangkat yang sama.

4. Dongkrak Botol Buaya.

Jenis ini merupakan gabungan dari dongkrak botol dan dongkrak buaya. Dongkrak botol buaya memiliki kelebihan yaitu mempunyai kapasitas pengangkatan yang besar dan mudah untuk digerakkan karena memiliki roda. Sedangkan kelemahan dari dongkrak ini adalah agak sulit untuk menggeser dongkrak botol buaya ini karena memiliki berat yang lebih besar.

5. Dongkrak Pengangkat Sepeda Motor

Biasanya digunakan oleh bengkel-bengkel ataupun showroom sepeda motor karena dongkrak ini digunakan untuk mengangkat sepeda motor saat melakukan servis. Dongrak ini memiliki kelebihan yaitu ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak tempat.

6. Dongkrak Penyangga Transmisi.

Termasuk jenis dongkrak hidrolik yang memiliki fungsi untuk menyangga transmisi ketika ingin memasanga atau menurunkan transmisi ke kendaraan saat kendaraan dinaikkan dengan car lift. Dongkrak ini akan sangat membantu pekerjaan mekanik karena mekanik tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika akan menaikkan atau menurunkan transmisi.

Lihat juga : 10 Power tools untuk mempermudah aktivitas

7. Dongkrak Penyangga Kopling.

Jenis dongkrak hidrolik yang digunakan ketika melakukan servis sistem kopling. Dongkrak ini berguna untuk membantu mekanik ketika ingin memasang dan melepas kopling sehingga meknaik tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengangkat kopling.

8. Dongkrak Penyangga Sepeda Motor.

Biasanya digunakan pada kendaraan motor sport, karena kendaraan motor sport tidak memiliki standar tengah sehingga membutuhkan dongkrak penyangga.

9. Dongkrak Kereta.

Digunakan saat perbaikan rel kereta api ataupun digunakan ketika evakuasi kereta bila terjadi kecelakaan.

10. Dongkrak Rumah.

Berfungsi untuk mengangkat rumah dari pondasinya, biasanya digunakan saat sedang perbaikan rumah atau relokasi rumah. Cara menggunakannya adalah dengan memasang beberapa dongkrak pada setiap sudut rumah lalu ditahan dengan kayu.

Kemudian dinaikkan menggunakan dongkrak sampai dengan ketinggian tertentu untuk dapat di relokasi.

11. Dongkrak Pneumatic.

Merupakan dongkrak yang dalam pengoperasiannya memanfaatkan tekanan udara. Jika benda berbentuk cair atau gas akan menyesuaikan tempatnya. Namun terdapat perbedaan yang menonjol pada benda cair dan gas, yaitu benda gas dapat diperkecil volumenya, sedangkan benda cair volumenya tidak dapat berubah. Dari perbedaan tersebut maka diciptakanlah dongkrak pneumatic.

12. Dongkrak Hidrolik Udara.

Dongkrak Hidrolik Udara mirip dengan dongkrak hidrolik biasa namun perbedaannya terdapat pada dongkrak ini memanfaatkan tekanan udara sebagai pemberi tenaga. Kelebihan dari dongkrak ini adalah dapat mengurangi pekerjaan operator mengalirkan tekanan, dapat menghemat tenaga, dan proses yang lebih cepat.

Selain menggunakan tekanan udara sebagai pemberi tenaga, dongkrak ini juga bisa menggunakan cairan sebagai pemberi tenaga. Sehingga tidak perlu bingung ketika tidak ada kompresor udara.

13. Dongkrak Hydraulic.

Dongkrak hydraulic dalam memindahkan tenaga memakai bantuan zat cair. Cairan dalam dongkrak ini dialirkan masuk ke dalam silinder oleh suatu pompa pendorong. Sehingga dapat memberikan tenaga yang begitu besar. Dongkrak hydraulic menggunakan plunger untuk dapat mengembalikan cairan pada posisi semula.

14. Dongkrak Sekrup.

Dongkrak sekrup merupakan dongkrak yang menggunakan bantuan ulir sebagai pemindah gaya.

Seiring dengan perkembangan zaman, dongkrak semakin banyak jenis-jenis nya, tidak hanya dapat digunakan untuk kendaraan saja, melainkan dongkrak juga bisa digunakan untuk mengangkat beban berat lainnya seperti rumah dan lainnya.

Dengan semakin berkembangnya zaman maka akan banyak inovasi-inovasi terbaru yang dapat mebantu manusia semakin mudah untuk melakukan pekerjaanya. Anda juga dapat melihat berbagai kunci bengkel yang terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.