5 Merk Mesin MIG 130 Yang Rekomended

Posted on
Daiden welding mig

APA ITU MESIN LAS MIG 130?

Mesin las terbaik merupakan hal yang diinginkan oleh para welder karena memiliki tingkat ketahanan duty cycle yang lebih baik. Tentunya menjadikan pekerjaan pengelasan menjadi lebih efektif dan efisien dengan daya pakai yang tentunya lebih lama.

Artikel kali ini kami akan bahas mesin las mig 130 terbaik. Las MIG (Metal Inert Gas) adalah proses pengelasan yang memakai gas mulia sebagai pelindungnya. Seiring perkembangan jaman dan teknologi kini Jenis las MIG dapat dibedakan menjadi dua jenis pengelasan yaitu memakai gas dan tanpa gas (flux core).

Dimana untuk mode pengelasan mig standard harus memakai gas co2. Berbeda dengan pengelasan mig tanpa gas yang biasa disebut dengan pengelasan FCAW (Flux Core Arc Welding), karena jenis kawat lasnya sudah dilapisi flux sehingga tidak memerlukan gas sebagai pelindung tambahan.

Harga kawat las mig beragam tergantung jenis, ukuran, dan beratnya. Berat dari kawat las mig CO2 dipasaran terdapat dua ukuran, yaitu kawat las MIG co2 wire 5 kg dan 15 kg. Sedangkan ukuran kawat las MIG/FCAW wire flux core (tanpa gas) yaitu terdapat 1 kg dan 5 kg.

Perbedaan antara pengelasan FCAW dan MIG adalah pada penggunaan kawat lasnya. Dimana las FCAW kawat lasnya diisi dengan flux atau serbuk yang berada di inti kawat las (wire flux core) dan menghasilkan terak untuk melindungi lasan.

Fungsinya agar membantu kawat las mengelas lebih cepat dan mencegah udara mencemari lasan. Sedangkan las MIG memakai kawat las mig co2 yang membutuhkan tabung gas co2 sebagai pelindung kawat las eksternal untuk melindungi area las.

MERK MESIN LAS MIG TANPA GAS TERBAIK

Diantara banyaknya produsen las mig yang memproduksi dan menjual berbagai macam jenis mesin las mig dengan kapasitas ampere yang kecil. Disini kami merekomendasikan merk mesin las mig 130 terbaik di indonesia versi pengelasan.net, antara lain:

1. DAIDEN MIGI 130.

DAIDEN MIGI 130 2T 4T

Mesin las asal jepang Daiden mig 130 merupakan pelopor jenis mesin las MIG 130A di indonesia yang bisa mengunakan gas co2 dan tanpa menggunakan gas co2. Terdapat dua mode pengelasan MIG dan MMA. Bisa juga pakai las TIG dengan pengaturan tig torch apart. Mode 2T (semi manual) dan 4T (otomatis) disediakan pada mesin las ini untuk mengatur tempo pengelasan.

Hemat listrik karna bisa las tipis dan api las pun stabil. Ada teknologi short circuit. Garansi full sparepart 18 bulan dan service seumur hidup. Spesifikasi lebih rinci bisa kunjungi website www.niagamas.com . Harga pasaran mesin las Daiden mig 130 ada diangka Rp. 2.850.000;.

2. RIDX MIG 130 A

Ridx mig 130

Mesin las Ridx mig 130A merupakan salah satu jenis mesin las MIG yang hemat listrik dengan kapasitas pengelasan sampai dengan 130 Ampere. Dilengkapi dengan fitur gasless yang dapat mengelas tanpa harus menggunakan gas Co2 (menggunakan wire flux core) dan juga dapat mengelas MMA/stick welding. Garansi resmi RIDX indonesia sparepart dan service 1 tahun. Harga pasaran ada dikisaran angka Rp. 2.500.000;.

3. CALDWELL MIG 130 G

Caldwel mig 130

Mesin las Caldwell mig 130G memiliki tiga fungsi (MIG, ARC, LIFT TIG). Hasil pengelasan lebih baik dan lebih bersih dibandingkan pengelasan MMA. Dapat digunakan outdoor dan yang sering berpindah tempat karna sangat compact dan ringkas. Dapat dioperasikan otomatis dengan 1 knob. Sangat mudah dalam penggantian mig torch. Garansi resmi CALDWELL selama 12 bulan. Kisaran harga mesin las ini di pasaran Rp. 2.100.000;.

4. EMIRATES MIG 130 A

Emirates mig 130

Mesin las Emirates mig 130A ialah salah satu mesin las gassless mig yang memiliki dua fungsi yaitu MIG dan MMA. Mudah dalam perawatan. Terdapat penggabungan pengelasan dengan torch. Bisa dipakai untuk pengelasan tanpa gas (gasless mig welding).

Memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah untuk dibawa-bawa berpindah tempat. Ada teknologi IGBT membuat listrik lebih hemat. Garansi sparepart 3 bulan dan service 1 tahun. Dibandrol dengan kisaran harga pasaran Rp. 1.925.000;.

5. PAZTO MIG 130 T

Pazto mig 130

Mesin las Pazto mig 130T adalah salah satu mesin las mig dengan kapasitas pengelasan sampai dengan 130 ampere. Dengan fitur gas-less welding yang dapat mengelas tanpa harus menggunakan gas co2 (menggunakan kawat las gasless) dan juga dapat mengelas MMA/stick welding. Titik penetrasi pengelasan yang jauh lebih baik dan kuat dibandingkan pengelasan menggunakan gas. Garansi service 1 tahun dan sparepart 6 bulan. Dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1.800.000;.

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika memilih mesin las mig terbaik. Diantaranya yang paling penting harus diperhatikan adalah ketersedian sparepart dan after sales servicenya. Karena sebagus apapun mesin las pasti akan perlu perbaikan jika pemakaiannya sering digunakan. Maka dari itu saran dari penulis pilihlah mesin las yang menjamin garansi sparepart yang lebih lama.

Selain itu faktor hargapun bisa juga menjadi patokan, faktanya harga lebih mahal biasanya komponen mesin las lebih banyak dan teknologinya pun bisa jadi lebih mutakhir. Tentunya semakin mahal harga mesin las mempunyai kualitas dan performa yang semakin baik. Harga nambah dikit kepuasan nambah banyak. Namun hasil lasan yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh merk dan harga mesin las saja, melainkan faktor keterampilan, ilmu, kapabilitas, kapasitas, dan keahlian dari welder yang mempengaruhi hasil lasan hingga membuat mesin las lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *