Pengertian Proses Las GMAW (Gas Metal Arc Welding) MIG MAG Adalah

Pengertian Pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding) MIG MAG Adalah salah satu jenis proses Pengelasan atau penyambungan bahan logam yang menggunakan sumber panas dari energi listrik yang dirubah atau dikonversi menjadi energi panas, pada proses Las GMAW ini menggunakan kawat las yang digulung dalam suatu roll dan menggunakan gas sebagai pelindung logam las yang mencair saat proses pengelasan berlangsung.

Proses pengelasan GMAW ini terjadi karena adanya perpindahan ion anoda dan katoda pada base metal dan logam pengisi sehingga menyebabkan timbulnya energi panas yang menyebabkan logam induk dan filler metal mencair.

Proses Pengelasan dan Peralatan Mesin Las GMAW adalah

Proses Pengelasan GMAW Adalah

Proses Pengelasan GMAW

Peralatan Las GMAW :
– Mesin las : Mesin utama yang digunakan untuk proses pengelasan GMAW, terdapat banyak komponen listrik yang berguna untuk mengkonfersi energi listrik menjadi panas serta banyak lagi fungsi lainnya.
– Tabung Gas : Berfungsi sebagai tempat penampung dari gas pelindung (CO2, Ar, He).
– Welding Gun : Alat keluarnya gas dan kawat las untuk mengelas, jika ditekan dan didekatkan pada benda kerja maka busur las akan menyala.
– Gulungan kawat las : Tempat kawat las digulung, biasanya gulungan ini dimasukkan kedalam alat yang bernama wire feeder. Pada wire feeder terdapat pengatur motor penarik, ampere dan voltase yang berfungsi untuk mengatur kecepatan keluarnya kawat las.

Parameter pengelasan GMAW yang dapat mempengaruhi hasil lasan adalah Voltase, Ampere, Kecepatan Las dan Jenis Gas Pelindung. Pada Las GMAW terdapat dua jenis pembagian berdasarkan jenis gas pelindung yaitu Proses Las MAG dan Proses Las MIG berikut ini penjelasannya.

Proses Pengelasan MAG (Metal Active Gas) :
Proses Las MAG adalah jenis pengelasan GMAW yang menggunakan gas pelindung CO2 saat proses pengelasan berlangsung. Namun kelemahan gas ini tidak dapat digunakan untuk jenis pengelasan GMAW spray transfer, jika ingin menggunakan jenis spray transfer maka harus dilakukan pencampuran gas CO2 dengan gas Helium atau gas Argon.

Proses Pengelasan MIG (Metal Inert Gas) :
Proses Las MIG adalah jenis pengelasan GMAW yang menggunakan gas pelindung Argon dan Helium, karena penggunaan gas inert atau mulia ini maka disebut dengan Las MIG (Metal Inert Gas). Untuk jenis pengelasan ini biasanya digunakan untuk material non logam seperti Alumunium, stainless steel, paduan nikel tinggi dan beberapa material lainnya.

Baca juga : Pengertian Proses Las FCAW adalah

Jenis & Fungsi Gas Pelindung pada Las GMAW :
1. Gas CO2, untuk penggunaan gas pelindung ini biasanya untuk aplikasi pengelasan logam atau baja karbon rendah. Gas pelindung CO2 ini tidak dapat digunakan untuk metal transfer jenis spray, pada penggunaannya harus dilakukan pencampuran dengan gas pelindung yang lain seperti Argon dan Helium.
2. Gas Inert (Helium dan Argon), untuk pengelasan GMAW dengan gas argon dan helium biasanya untuk pengelasan bahan non logam seperti stainless steel dan alumunium. Pada penggunaan gas ini dapat menghasilkan las lasan dengan sifat mekanik yang baik dan penetrasi yang lebih dalam jika dibandingkan dengan shielding gas CO2.

Metal Transfer Pada Pengelasan GMAW :
Pada pengelasan GMAW terdapat empat macam yaitu Spray, Globular, Short Circuit dan Pulsed. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar yang lebih detail dibawah ini, pada gambar tersebut dapat terlihat perbedaan perpindahan metal pada GMAW. Untuk merubahnya Anda dapat menyetting pada mesin las.

metal transfer pengelasan gmaw

Metal Transfer Pengelasan GMAW

Kawat Las GMAW :
Untuk kawat las GMAW diklasifikasikan dengan kode ER XXS-X yang mempunyai pengertian sebagai berikut.
Kode ER : Electrode atau Welding Rod
Kode XX : Kekuatan tarik dari kawat las x 1000 psi, misalnya jika diisi 70 berarti 70×1000 psi.
Kode S : Solid Wire, artinya bentuk dari kawat las GMAW adalah Solid atau tidak berongga.
Kode X : kode dari komposisi kimia kawat las.

Kelebihan dan kekurangan Las GMAW :
Keuntungan Las GMAW :
– Pengelasan GMAW mempunyai efisiensi pengelasan yang tinggi, karena tidak perlu sering mengganti kawat las.
– Dapat digunakan untuk semua jenis material dan posisi pengelasan.
– Tidak menghasilkan kerak atau slag sehingga tidak perlu proses pembersihan yang banyak.
Kekurangan GMAW:
– Sering terjadi burnback saat pengelasan berlangsung.
– Jika gas pelindung tidak keluar sempurna maka dapat terjadi cacat porosity.
– Set up pengelasan yang harus lebih detail agar hasil las lasan maksimal.
– Busur tidak stabil.

Demikian Pengeritan Proses Las GMAW lengkap beserta peralatan dan parameter pengelasannya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda dibidang pengelasan, jika ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar atau hubungi kami lewat kontak yang ada.

Pengertian Proses Las GMAW (Gas Metal Arc Welding) MIG MAG Adalah | welding | 4.5