Center Drill

Posted on
Center Drill

Center Drill merupakan salah satu alat potong yang biasa ditemui pada mesin bubut. Center Drill atau Bor senter sendiri difungsikan agar dapat membuat lubang senter di bagian ujung permukaan benda yang sedang dikerjakan untuk suatu kepentingan.

Sebagai alat bantu dalam suatu pekerjaan, bor senter ini seyogyanya dibuat untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan yang ada. Namun di samping itu, memahami secara lengkap mengenai bor senter perlu dilakukan agar tidak keliru. Agar lebih jelas, simak penjelasan lengkap mengenai bor senter di bawah ini.

Pengertian Center Drill

Centre drill adalah alat potong yang terdapat pada mesin bubut yang mempunyai fungsi untuk membuat sebuah lubang senter di ujung benda dengan tujuan ketika dilakukan pembubtuan benda tersebut tetap dalam keadaan center.

Demikian halnya dengan bor senter mata sayat yang juga punya kemampuan membuat lubang dengan sudut pengarah sebesar 60 derajat. Bor senter menjadi alat potong pada mesin bubut yang sering digunakan saat pengguna ingin membuat lubang.

Perlu diketahui bahwa mata bor senter ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Adanya lubang pada bor senter akan bermanfaat untuk jalan yang bisa menuntun mata bor dengan ukuran lebih besar.

Selain itu, hal tersebut juga memungkinkan untuk meluruskan senter dengan sumbu utama. Bor senter ini dipakai untuk mempermudah pekerjaan karena tidak dapat dipungkiri, beberapa pekerjaan yang melibatkan material tertentu kadang kala membutuhkan proses pelubangan.

Fungsi Center Drill

Fungsi Center Drill

Fungsi Center Drill adalahh digunakan untuk membuat lubang senter pada bagian ujung permukaan benda yang sedang dikerjakan. Lebih lanjut, lubang yang ada akan digunakan sebagai penuntun mata bor yang berukuran lebih besar. Hal ini diperlukan untuk memastikan senter selalu lurus dengan sumbu utama.

Apabila kondisi demikian sudah didapatkan, maka hasilnya akan lebih baik dan bagus. Bor senter ini bisa membuat lubang dengan sudut pengarah sebesar 60 derajat. Untuk itu, bor senter sering difungsikan untuk melubangi material dengan jenis yang cukup beragam. Mulai dari bahan kerja yang lunak hingga bahan kerja yang keras.

Jenis Jenis Center Drill :

Jenis Center Drill
linkcuttingtools.com

Mata bor senter terdiri dari beberapa jenis dengan bentuk dan fungsi yang berbeda. Adapun jenis mata bor tersebut adalah:

  • Bor senter standar (standard type center drill).
    Bor senter tipe ini mempunyai sudut sebesar 60 derajat untuk mata sayat pengarahnya. Dengan besar sudut demikian, lubang yang dihasilkan turut mempunyai besar sudut yang sama dengan mata sayat. Mata bor senter standar ini terbagi lagi atas dua ukuran yakni ukuran panjang dan ukuran panjang normal.
  • Bor senter bell (Bell type center drill).
    Bor senter tipe ini mempunyai poin angle atau sudut mata sayat ujung berukuran 118 derajat. Selain itu juga mempunyai dua buah sudut mata saya pengarah atau yang disebut dengan countersink angle berukuran 120 derajat dan 60 derajat.
  • Bor senter safety (safety tipe center drill).
    Bor senter tipe ini mempunyai besar sudut pengarah 60 derajat. Bentuk mata sayapnya sendiri rata dan tirus. Bor senter tipe ini diperlukan saat pengguna ingin menghasilkan lubang senter dengan tingkat lurus setelah dari bidang tirus.
  • Bor senter bentuk radius (Radius form type centre drill).
    Bor senter tipe ini memiliki bentuk radius untuk mata sayatnya. Oleh sebab itu, lubang yang dihasilkan akan mempunyai kesamaan dengan bentuk radius yang terdapat pada mata sayatnya. Jenis mata bor ini mempunyai keunggulan berupa segi keamanan karena bidang singgung untuk lubang senter lebih kecil jika dibandingkan dengan lubang senter yang standar.

Material Center Drill

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa bor senter ini bisa digunakan untuk memberikan lubang pada benda kerja. Maka, berkaitan dengan itu, benda kerja yang dimaksud bisa terdiri dari beberapa jenis material. Kekuatan dari bor senter juga mempengaruhi hal tersebut.

Adapun beberapa material yang bisa dilubangi menggunakan bor senter ini adalah material kuningan maupun yang sejenis, material dengan sifat yang ulet, material yang bersifat paduan ringan, material non logam, material yang keras, material bukan logam bersifat abrasif, material bertekstur liat, logam lunak maupun bahan yang kekuatannya rendah.

Masing-masing material ini bisa dikerjakan menggunakan mata bor khusus pada bor senter sehingga bisa mudah dikerjakan. Tingkat kekuatan material menjadi penentu utama jenis mata bor yang akan digunakan. Tentu akan berbeda, mata bor yang digunakan pada material bersifat keras dan material yang bersifat lunak. Apabila pemilihan mata bor nya sudah sesuai, maka bisa dipastikan proses pengerjaan akan berjalan lebih mudah dan efisien, untuk jenis material Center Drill adalah :

  • HSS (High Speed Steel).
    Jenis material ini yang umum digunakan untuk peralatan perkakas, bisa digunakan untuk membuat lubang center pada material yang kekerasannya sedang.
  • HSS-Co (Cobalt)
    Untuk material ini digunakan untuk material yang mempunyai kekerasan sedang hingga menengah, karena yang tipe ini mempunyai nilai kekerasan lebih tinggi dibandingkan HSS.
  • Carbide.
    Untuk senter bor jenis material ini merupakan yang paling keras.

Ukuran Center Drill :

Untuk ukuran Center Drill mempunyai beberapa ukuran diameter body dan bagian ujungnya, berikut ini ukurannya.

Ukuran Center Drill
shopee

Aplikasi Bor Senter Pada Produk.

Pengaplikasian bor senter pada produk juga perlu diperhatikan agar bisa menggunakannya dengan tepat. Setelah menentukan material yang akan dibor, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah proses pengeboran.

Untuk proses pengeboran sendiri ini dimaksudkan agar lubang bisa terbentuk. Pengguna juga harus lebih dulu menentukan posisi lubang yang diinginkan pada benda kerjanya. Sebagai contoh, apabila ingin melakukan pengeboran atau membuat lubang di tengah maka cara pengaplikasian mesin bornya harus melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah

  • Silahkan atur lebih dulu putaran spindel yang ada di mesin bubut sesuai dengan ukuran diameter bahan kerja.
  • Pasangkan mata bor center di bagian pemegang bor, lanjutkan dengan memasang pemegang bor di bagian kepala lepas.
  • Majukan ke arah depan bagian kepala lepas hingga dekat dengan benda yang dikerjakan.
  • Silahkan kunci bagian kepala lepas supaya tidak berpindah.
  • Mesin siap untuk dijalankan, putar spindel hingga menyentuh ukuran standar.
  • Silahkan putar mundur bor dengan arah menjauhi benda yang sedang dikerjakan.
  • Matikan mesin dan silahkan lepas bagian pengunci kepala kemudian tarik mundur.

Baca juga : Macam macam kunci bengkel dan Gambarnya

Cara Menggunakan Bor Senter

Penggunaan bor senter bisa dilakukan dengan memperhatikan cara-cara sebagai berikut:

  • Pertama lakukan pembubutan facing atau muka terhadap benda yang akan dikerjakan. Pastikan pula bahwa itu sudah benar rata.
  • Selanjutnya jika dirasa perlu maka silahkan buat lengkungan berukuran kecil pada bagian senter benda kerja
  • Ketiga pasanglah bor senter di bagian drill chuck. Bagian ini bisa ditemukan terpasang di kepala lepas
  • Keempat saat menggunakannya aturlah kecepatan sedang. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecepatan yang terlalu pelan atau terlalu cepat yang bisa berakibat pada kerawanan patah.
  • Kelima silakan majukan bagian bor senter dengan eretan yang terdapat di kepala lepas
  • Keenam lakukanlah dengan perlahan sampai lubang center terbentuk dengan baik
  • Terakhir apabila sudah terlihat bentukan maka pengguna dapat beralih ke mata bor yang lain.

Merk Center Drill :

Berikut ini ada beberapa merk senter bor yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli.

  • Center Drill Yamawa.
    Senter Bor merk Yamawa merupakan produk asal Jepang, ukuran yang tersedia juga bervariasi dan tingkat akurasi ukurannya sangat presisi.
  • Center Drill Karya Metalindo Teknik.
    Meskipun tidak terlalu terkenal, merk ini dapat Anda pertimbangkan juga karena ini produksi dalam negeri.
  • Merk Privert.
    Harga Center Drill Privert cukup bervariasi tergantung ukuran dan tipenya, dari beberapa review yang ada merasa sesuai antara harga dengan kualitasnya .
  • Sherwood.
    Merk ini mempunyai tipe yang jenis material Carbide dengan nilai kekerasan yang sangat tinggi.

Lihat juga : 11 Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya

Demikian informasi lengkap seputar bor senter. Hal ini bisa dijadikan pedoman dan edukasi sebelum menggunakannya. Jika ada yang kurang tentang informasi di atas silahkan berikan komentar pada kolom komentar, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.