Pengertian Las GTAW Argon (Gas Tungsten Arc Welding) TIG Adalah

Mesin Las GTAW

Mesin Las GTAW

Pengertian Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah sebuah proses pengelasan busur listrik yang menggunakan elektroda tak terumpan atau tidak ikut mencair. Pada pengelasan GTAW ini elektroda atau tungsten ini hanya berfungsi sebagai penghasil busur listrik saat bersentuhan dengan benda kerja, sedangkan untuk logam pengisi adalah filler rod. Pengelasan GTAW ini juga sering disebut dengan Las Argon, hal tersebut dikarenakan gas pelindung yang digunakan adalah gas Argon.

Las GTAW ini juga disebut dengan Las TIG yang mempunyai kepanjangan Tungsten Inert Gas, perbedaan ini hanya penyebutannya saja. Kalau GTAW itu lebih sering untuk istilah Amerika sedangkan TIG adalah untuk daerah Eropa. Fungsi Las GTAW ini biasanya digunakan untuk melakukan pengelasan Aluminium atau stainless steel yang memang banyak membutuhkan perlakuan khusus. Untuk mengetahui secara detail tentang LAS GTAW berikut ini detailnya.

Peralatan Las GTAW TIG (Gas Tungsten Arc Welding) :

1. Mesin Las GTAW.
2. Welding Torch.
3. Tabung Gas.
4. Kawat Las.
5. Tungsten Elektroda.
6. Regulator Tabung Gas.

Peralatan Las GTAW

Peralatan Las GTAW

1. Mesin Las GTAW
Mesin las gas GTAW ini mempunyai dua jenis arus yaitu AC dan DC. Namun yang paling sering digunakan untuk mengelas adalah arus DC. Dalam mesin las Arus DC juga terdapat dua jenis polaritas yaitu Polaritas DCEN (Direct Current Elektroda Negatif) dan DCEP (Direct Current Elektroda Positif). Untuk penggunaannya biasanya DCEN digunakan untuk pengelasan yang membutuhkan penetrasi dalam seperti root pada sambungan V Joint.

Baca juga : Harga Mesin Las GTAW Argon Terbaru

2. Welding Torch
Welding Torch adalah alat yang digunakan sebagai pegangan saat proses pengelasan, dalam welding torch terdapat beberapa komponen seperti ceramic cup yang berfungsi sebagai tempat keluarnya gas pelindung. Kemudian tempat tungsten, penghantar arus listrik, slang gas pelindung. Untuk detail gambarnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Welding Torch

Welding Torch

3. Tabung Gas TIG
Tabung gas pada pengelasan GTAW ini berfungsi sebagai penyimpang gas pelindung yang digunakan untuk proses pengelasan GTAW. Pada pengelasan TIG ini digunakan gas pelindung Argon, Helium atau Argon mix dengan Helium. Saat proses pengelasan tabung gas dibuka beserta regulatornya kemudian gas akan disalurkan melalui selang ke welding torch.

4. Kawat Las GTAW (Welding Rod)
Kawat las atau bahan tambah yang digunakan untuk pengelasan GTAW ini bermacam macam, ada tipe ER 70 S, ER 308 L – 16, ER 309 Mo L, ER 309 Mo L- 16/17, ER 316  L – 16, ER 312 – 16. Semua jenis Welding rod tersebut dapat diaplikasikan pada pengelasan baja maupun jenis material yang tahan korosi.

5. Tungsten Elektroda GTAW
Dalam pemilihan tungsten elektroda GTAW juga bermacam macam, pemilihan tersebut disesuaikan dengan jeni material yang digunakan. Oleh karena itu tidak boleh sembarangan dalam memilih tungsten agar hasil lasan yang dihasilkan dapat maksimal dan sesuai dengan standar pengelasan. Berikut ini spesifikasi dalam pemilihan Tungsten Elektroda GTAW.

Jenis tipe Tungsten GTAW

Jenis tipe Tungsten GTAW

6. Kelebihan dan Kekurangan Las GTAW
Kelebihan Las GTAW :
– Hasil pengelasan tidak perlu dibersihkan karena tidak menghasilkan slag.
– Aliran gas menjadikan daerah disekitar cairan logam tidak mengandung udara sehingga mencegah pengotoran oleh nitrogen dan oksigen,yang dapat menyebabkan oksidasi.
– Hasil lasan lebih kuat karena dapat penetrasi yang dalam dan ketahanan korosi lebih tinggi.
– Hasil pengelasan sangat bersih.
– Proses pengelasan dapat diamati dengan mudah, asap yang timbul tidak banyak.
– Jarang terjadi deformasi karena pusat panas sangat kecil.
– Tidak menghasilkan spater atau percikan las sehingga lasan lebih bersih.
Kekurangan Las GTAW :
– Untuk efisiensi kecepatan las GTAW rendah.
– Saat proses pengelasan berlangsung dapat terjadi burnback.
– Cacat las porositas atau lubang-lubang kecil sering terjadi jika gas pelindung permukaan pengelasan tidak dapat melindungi secara maksimal.
– Dapat terjadi tungsten inclusion.

Pengertian Pengelasan GTAW atau Las Tig di atas semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas atau dalam belajar tentang Ilmu Pengelasan. Jika ada pertanyaan atau kritik silahkan kirimkan melalui kontak atau komen dikolom bawah.

Pengertian Las GTAW Argon (Gas Tungsten Arc Welding) TIG Adalah | welding | 4.5
Leave a Reply