Mesin Sekrap

Posted on

Mesin Sekrap

Mesin sekrap adalah jenis khusus dari mesin manufaktur yang menggunakan gerakan linear reciprocating dari alat pemotong satu titik untuk menghasilkan jalur alat linier. Mekanisme pengembalian cepat adalah jenis mekanisme yang menghasilkan gerakan bolak-balik di mana waktu yang diambil untuk perjalanan dalam satu arah lebih sedikit daripada yang lain.

Siapa yang menemukan mesin sekrap? Mesin ini ditemukan oleh Samuel Bentham yang kemudian dikembangkan oleh James Nasmyth. Lalu seperti apakah prinsip kerja dan juga jenis-jenis dari mesin sekrap?

Fungsi Mesin Sekrap:

Sekrap adalah alat mesin yang digunakan terutama untuk:

  1. Menghasilkan permukaan datar atau bidang yang mungkin dalam bidang horizontal, vertikal atau sudut.
  2. Membuat slot, alur dan alur pasak.
  3. Memproduksi kontur cekung / cembung atau kombinasi keduanya.

Nah, prinsip kerja dari mesin ini adalah segala jenis pekerjaan harus dilakukan di atas meja mesin. Alat pemotong titik tunggal yang dipegang dengan benar di tiang pahat dipasang pada ram bolak-balik. Gerakan bolak-balik ram diperoleh dengan mekanisme gerak balik cepat. Saat ram membalas, alat memotong bahan selama pukulan ke depan. Selama kembali, tidak ada aksi pemotongan dan goresan ini disebut idle stroke. Gerakan maju dan mundur merupakan satu siklus operasi sekrap.

Prinsip Kerja Mesin Sekrap :

  • Pertama pekerjaan diperbaiki ke meja mesin.
  • Alat pemotong titik tunggal dipasang pada tiang pahat yang terletak di ram.
  • Sekarang mesin memulai secara manual yang menciptakan gerakan bolak-balik ram dengan mekanisme pengembalian cepat.
  • Ketika ram bergerak, alat menggosok benda kerja, yang menghilangkan bahan yang tidak diinginkan, gerakan juga akan memotong logam dalam pukulan maju.
  • Sementara sapuan kembalinya, mesin memberikan jarak antara pahat dan benda kerja, yang memastikan tidak ada pemotongan dalam pukulan balik. Jika pahat memotong material baik ke depan maupun ke belakang, maka gerakan itu memberi hasil akhir yang buruk dan juga menyebabkan kegagalan dalam pahat.

Jenis Mesin Sekrap :

Adapun jenis-jenis mesin sekrap ada 3 di antaranya adalah :

A. Mesin Sekrap Menurut Sumber Gerakan:

  • Jenis engkol.
    Mesin Sekrap Jenis Mesin Engkol
    @pmmodelengines.com

    Tipe ini sangat mudah tersedia dan sebagian besar digunakan. Dalam tipe ini, mekanisme engkol digunakan untuk mengubah gerakan putar gigi menjadi gerakan bolak-balik ram. Ram diisi dengan kepala pahat di ujungnya untuk memberikan operasi pemotongan yang diinginkan. Total panjang yang dilalui oleh alat sama dengan panjang pukulan.

  • Jenis Roda Gigi.
    Mesin Sekrap Roda Gigi
    @imimg.com

    Jenis ini tidak banyak digunakan dalam industri sekarang. Dalam jenis ini susunan rak dan pinion digunakan untuk membuat ram agar bisa melakukan operasi pemotongan. Jumlah roda gigi dan pengaturannya di gir menentukan kecepatan dan arah lintasan mesin masing-masing.

  • Jenis hidrolik.
    Mesin Sekrap Hidrolik
    @alibaba

    Hidrolik adalah jenis yang digunakan ketika pengguna harus menghasilkan pemotongan yang sangat halus. Mesin ini menggunakan tenaga hidrolik untuk gerakan bolak-balik ram. Oli dipompa ke sistem silinder piston di bawah tekanan tinggi. Ujung piston terhubung ke ram yang berfungsi sebagai efektor akhir.
    Kecepatan ram dikontrol dengan mengontrol tekanan oli yang sedang dipompa ke piston. Kelebihan dari tipe ini adalah tidak terlalu berisik dan gaya potong tetap sama sepanjang operasi pemotongan.

B. Mesin Sekrap Menurut Posisi Ram :

  • Sekrap Horisontal.
    Seperti namanya dalam jenis mesin sekrap ini, kepala pahat yang terhubung ke ujung ram bergerak di sumbu horizontal alas. Tipe ini digunakan untuk menghasilkan permukaan datar, alur pasak, dan lain lain.
  • Sekrap vertikal.
    Pergerakan alat dalam hal ini juga bergerak pada sumbu vertikal. Dalam jenis sekrap vertikal ini, benda kerja disimpan di atas meja yang dapat memiliki gerakan silang, memanjang dan rotasi. Jenis ini banyak digunakan untuk memotong slot, alur, lubang kunci, dan lain lain.
  • Traveling head shaper.
    Tipe yang terakhir ini dikembangkan untuk benda kerja besar dan berat yang tidak dapat ditempatkan di atas meja sekrap biasa. Dalam jenis ini, ram selain memiliki gerakan reciprocating juga memiliki gerakan menyilang.

Lihat Juga: 13 Jenis Mesin Frais dan Fungsinya

C. Mesin Sekrap Menurut Bentuk Bed atau Meja Mesin:

Berikut ini adalah berbagai jenis mesin sekrap berdasarkan desain meja mesin.

  • Mesin Sekrap Standar.
    Dalam jenis mesin sekrap ini, meja hanya memiliki dua gerakan, vertikal dan horizontal sehingga dikenal sebagai mesin sekrap standar.
  • Mesin Sekrap Umum.
    Dalam jenis mesin sekrap ini, selain dua gerakan yaitu vertikal dan horizontal, mesin juga dapat bergerak dalam sumbu miring dan juga dapat berputar pada porosnya sendiri.
  • Berdasarkan Stroke Pemotongan.
    Berikut ini adalah berbagai jenis mesin sekrap berdasarkan pemotongan stroke.
    1) Mesin Sekrap Push cut
    Dalam jenis mesin sekrap ini, logam dihilangkan dalam gerakan maju ram. Tipe mesin ini adalah jenis mesin sekrap yang umum digunakan.
    2) Mesin Draw Shaper cut
    Dalam jenis mesin sekrap ini, logam dihilangkan dalam gerakan mundur ram. Dalam sekrap ini, pahat dipasang di kepala pahat dengan arah terbalik sehingga memberikan aksi pemotongan pada gerakan mundur ram.

Baca juga: 11 Jenis Mesin Bubut Beserta Fungsinya

Bagian Bagian Mesin Sekrap :

Bagian Bagian Mesin Sekrap
@slideplayer.com

Berikut adalah bagian-bagian dari mesin sekrap, di antaranya adalah :

  1. Basis.
    Basis adalah bed yang diperlukan atau dukungan yang diperlukan untuk semua peralatan mesin. Basis adalah pengecoran berlubang yang terbuat dari besi cor untuk menahan getaran dan di mana semua bagian sekrap dipasang. Perangkat ini dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memikul seluruh beban alat berat dan gaya yang ditetapkan dengan memotong pahat di atas pekerjaan.
  2. Kolom.
    Kolom terbuat dari besi cor, yang seperti kotak dan dipasang di pangkalan. Dua petunjuk jalan mesin yang akurat disediakan di bagian atas kolom di mana ram bekerja. Kolom bertindak sebagai penutup mekanisme gerakan dan juga mendukung ram bolak-balik dan meja kerja.
  3. Cross-rail.
    Cross rail dipasang pada permukaan vertikal depan kolom tempat sadel dipasang. Gerakan vertikal diberikan ke meja dengan menaikkan atau menurunkan rel silang menggunakan sekrup pengangkat. Gerakan horizontal diberikan ke meja dengan menggerakkan pelana menggunakan sekrup umpan silang.
  4. Meja.
    Meja dibautkan ke pelana dan menerima gerakan melintang dan vertikal dari rel pelana. T-baut digunakan untuk menjepit di bagian atas dan samping. Meja dapat diputar pada sudut yang diperlukan. Pada tipe mesin sekrap yang lebih berat, meja dijepit dengan dukungan meja agar lebih kaku.
  5. Ram.
    Ram membalas pada panduan kolom dan membawa kepala pahat dengan pahat titik tunggal. Kepala pahat ada di dalam kotak yang menyebabkan aksi pemotongan hanya pada goresan maju ram dan gerakan geser pahat pada stroke terbalik ram. Kedalaman potong atau umpan alat diberikan oleh sekrup umpan bawah.
    Kepala pahat memiliki derajat putar dasar, yang membantu memindahkan kepala pahat ke kecenderungan yang diinginkan untuk permesinan permukaan miring pada benda kerja.

Lihat juga: 14 Bagian Mesin Frais Lengkap dengan Fungsinya

Mudah sekali bukan memahami bagian-bagian dari mesin sekrap dan mengetahui cara kerjanya. Mesin ini umumnya menghasilkan permukaan yang lurus dan rata pada benda kerja dan untuk menghaluskan permukaan kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *