Pengertian Welder Serta Gaji dan Progam Pelatihannya adalah

Pengertian Welder adalah

Pengertian Welder adalah

Tukang las atau welder adalah salah satu profesi yang bertugas untuk mengelas atau menyambung benda-benda yang terbuat dari logam seperti baja, aluminium tembaga kuningan dan jenis logam lain. Welder juga disebut dengan juru las. Dalam dunia industri welder harus mempunyai stefikasi atau sertifikat yang berstandar nasional atau internasional.

Sertifikasi Welder atau juru las di Indonesia biasanya dilakukan oleh LSP (lembaga sertifikasi profesi). LSP ini mempunyai lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dalam sertifikasi juru las terdapat berbagai macam jenis sertifikat yaitu berdasarkan proses atau mesin las yang digunakan saat sertifikasi dan juga posisi pengelasan yang diujikan saat proses sertifikasi berlangsung.

Sertifikat weler ini dan menjadikan mereka mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai sertifikat. Selain itu sertifikat diperlukan samsung buatan sebuah prosedur pengelasan dan juga membuat produk-produk tertentu yang harus oleh seorang tukang las yang profesional.

Welder berbeda dengan welding operator, perbedaan Welder dan welding operator adalah mesin las yang digunakan. Welder orang yang melakukan pengalasan dengan mesin las manual seperti SMAW, GMAW, FCAW, OAW dan GTAW. Sedangkan Welding Operator adalah seseorang yang melakukan atau menjalankan mesin las dengan hanya menekan tombol yang terdapat pada mesin las tersebut seperti pada proses las SAW. Berikut ini macam-macam sertifikasi juru las atau welder.

Pengertian Welder Beserta Gaji dan Program Sertifikasinya adalah:

Proses Las Yang digunakan Saat Pelatihan Welder, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
SMAW (Shielded Metal Arc Welding)
GMAW (Gas Metal Arc Welding)
GTAW (Gas Tungsten Arc Welding)
OAW (Oxyasitelene Arc Welding)
BRAZING

Program Sertifikasi Welder :
Welder Kelas 1:
Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
Pipe: 1G, 2G, 5G, 6G
Welder Kelas 2:
Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
Pipe: 1G, 2G, 5G
Welder Kelas 3:
Plate: 1G, 2G
Pipe: 1G, 2G

Gaji seorang welder atau tukang las sangat bervariasi mulai dari 3,5 hingga 10 juta untuk skala Nasional, gaji dapat berubah jika kita sering lembur atau overtime. Bahkan gaji welder di luar negeri dapat mencapai 25 juta perbulan. Demikian penjelasan tentang pengertian welder dan gaji serta sertifikasinya, semoga bermanfaat.

Pengertian Welder Serta Gaji dan Progam Pelatihannya adalah | welding | 4.5
Leave a Reply