Pengertian Las Listrik SMAW Shield Metal Arc Welding Adalah

Skema Proses Pengelasan SMAW

Skema Proses Pengelasan SMAW

Pengertian Pengelasan Listrik SMAW Adalah – Dalam dunia Industri pastinya tidak lepas dari sebuah proses penyambungan. Baik itu untuk penyambungan dengan material kayu, baja atau material yang lainnya. Namun untuk dibidang konstruksi baja pastinya dibutuhkan proses penyambungan logam yang menggunakan mesin las, dan paling banyak digunakan adalah las listrik atau disebut juga las ( SMAW Shield Metal Arc Welding ).

Pengertian Proses Pengelasan SMAW Adalah

Pengertian Las SMAW adalah sebuah proses penyambungan logam yang menggunakan energi panas untuk mencairkan benda kerja dan elektroda (bahan pengisi). Energi panas pada proses pengelasan SMAW dihasilkan karena adanya lompatan ion (katoda dan anoda) listrik yang terjadi pada ujung elektroda dan permukaan material. Pada proses pengelasan SMAW jenis pelindung yang digunakan adalah selaput flux yang terdapat pada elektroda. Flux pada elektroda SMAW berfungsi untuk melindungi logam las yang mencair saat proses pengelasan berlangsung. Flux ini akan menjadi slag ketika sudah padat.

Jenis Mesin Las SMAW
Pada proses las SMAW terdapat tiga tipe atau jenis mesin Las yaitu Mesin LAS AC, DC dan AC/DC. Semua jenis mesin las tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing, jika Anda memerlukan dua jenis mesin las Anda dapat membeli jenis mesin las yang AC/DC. Untuk mesin Las SMAW dengan arus DC dibagi lagi menjadi dua polaritas yaitu polaritas DCEP (Direct Current Electroda Positif) dan DCEN (Direct Current Electroda Negatif).

Macam Macam Polaritas Las SMAW
Polaritas Mesin Las SMAW Polaritas DCEN Mesin Las SMAWPolaritas DCEP Adalah pengelasan SMAW kutub positif dihubungkan dengan kabel yang disambungkan pada holder atau kabel elektroda. Sedangkan kutub negatif dihubungkan dengan benda kerja. Polaritas ini juga disebut dengan DCSP (Direct Current Straight Polarity).
Polaritas DCEN adalah pengelasan SMAW kutub negatif dihubungkan dengan kabel elektroda, sedangakan kutub positif dihubungkan dengan benda kerja. Polaritas ini juga disebut dengan DCRP (Direct Current Revers Polarity).

Baca juga : Harga Kawat Las Listrik SMAW

Pengertian Las Listrik SMAW Shield Metal Arc Welding Adalah | welding | 4.5
Leave a Reply